Minat terhadap profesi guru mahasiswa PJKR FIKK UNY

minat mahasiswa PJKR profesi guru physical education students teacher profession

Authors

May 27, 2024
June 4, 2024

Downloads

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa prodi PJKR FIKK UNY Angkatan 2018 terhadap profesi guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PJKR FIK UNY Angkatan 2018 terhadap profesi guru dengan jumlah 185 mahasiswa. Sampel yang diperoleh sebanyak 146 responden, pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan syarat mahasiswa aktif PJKR FIK UNY Angkatan 2018 dan mengisi pada waktu yang ditentukan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan angket. Penelitian ini menggunakan tiga indikator untuk mengukur variabel minat yaitu indikator kognisi, emosi, dan konasi. Validasi instrument menggunakan validasi ahli dan validasi empiris menggunakan rumus product moment. Sedangkan uji uji reliabilitas menggunakan teknik cornbach alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deksriptif, yaitu mencari nilai distribusi frekuensi dan nilai variabel minat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PJKR FIKK UNY memiliki minat terhadap profesi guru sebesar 82,05% atau berada pada kategori tinggi.

Abstract: This study aims to determine the interest of PJKR FIKK UNY Class of 2018 students in the teaching profession. This type of research is quantitative descriptive research with survey method. The population of this study were PJKR FIK UNY Class of 2018 students towards the teaching profession with a total of 185 students. The sample obtained was 146 respondents, sampling with purposive sampling technique with the condition that active students of PJKR FIK UNY Class of 2018 and filling in at the specified time. The instrument used to collect data uses a questionnaire. This study uses three indicators to measure interest variables, namely indicators of cognition, emotion, and conation. Instrument validation uses expert validation and empirical validation using the product moment formula. While the reliability test uses the cornbach alpha technique. The data analysis technique uses descriptive analysis, namely finding the frequency distribution value and the value of the interest variable. The results showed that PJKR FIKK UNY students had an interest in the teaching profession of 82.05% or in the high category.