Signifikansi Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Kebugaran Jasmani Prestasi Belajar Siswa Physical Fitness Achievement Learning Students

Authors

December 21, 2022
November 30, 2022

Downloads

Kebutuhan kebugaran jasmani sangatlah penting terhadap pencapaian hasil belajar, karena kebugaran jasmani kemampuan tubuh untuk menyesuaikan tugas sehari-hari dengan tanpa kelelahan, mempunyai energi yang cukup untuk menikmati waktu luang maupun menghadapi waktu darurat setiap saat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebugaran jasmani terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Penelitian dilakukan pada bulan 2022. Sampel data adalah seluruh siswa kelas VI SDN Somoketro yang berjumlah 29 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan ialah instrument Tes Kebugaran Jasmani Indonesia tahun 2010 yang terdiri dari lari 40 meter, gantung tekuk siku 30 detik, baring duduk 30 detik, loncat tegak 30 detik dan lari 600 meter. Untuk mengetahui prestasi belajar menggunakan nilai raport semester tahun 2020/2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bahwa kebugaran jasmani bukan salah satu faktor yang menentukan kenaikan maupun penurunan hasil belajar siswa.

 

The need for physical fitness is very important for achieving learning outcomes, because physical fitness is the body's ability to adapt daily tasks without fatigue, has enough energy to enjoy free time and face emergencies at any time. This study aims to determine the effect of physical fitness on learning achievement of elementary school students. The method used in quantitative research is an ex post facto approach. The research was conducted in 2022. The data samples were all 29 students in class VI at Somoketro Elementary School. The research instrument used was the 2010 Indonesian Physical Fitness Test instrument which consisted of 40 meters running, 30 seconds of hanging elbows, 30 seconds of lying down, 30 seconds of upright jumping and 600 meters of running. To determine learning achievement, use the 2020/2021 semester report card scores. Data collection techniques are carried out by testing and documentation. The results of this study indicate that physical fitness is not a factor that determines the increase or decrease in student learning outcomes.