Hasil Belajar Lempar Tangkap Bola Kasti Dengan Pendekatan Bermain Bagi Siswa Sekolah Dasar

Bola Kasti Peningkatan dalam pola bermain Improved Approach to Play

Authors

  • Dicky Edwar Daulay
    dickyedwar89@gmail.com
    Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia, Indonesia
  • Rizki Kurniati Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-8634-6392
  • Epi Supriyani Siregar Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia, Indonesia
  • Danang Pujo Broto Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
December 21, 2022
November 30, 2021

Downloads

Peningkatan kemampuan belajar lempar tangkap bola dalam pola bermain kasti dengan pendekatan bermain bagi siswa sekolah dasar kelas V SD No. 014671 Sentang Kab. Asahan Sumatera Utara Tahun Ajaran 2021/2022 Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, metode tindakan kelas (class room action research) dengan memberikan perlakuan berupa bentuk permainan. Hasil penelitian Peningkatan kemampuan belajar lempar tangkap bola dalam pola bvermain kasti dengan pendekatan bermain bagi siswa sekolah dasar kelas V SD No. 014671 Sentang Kab. Asahan Sumatera Utara Tahun Ajaran 2021/2022, dengan nilai KKM 75 siswa tuntas belajar pada siklus I dengan diperoleh rata-rata sebesar 78.83%. Sesuai dengan KKM yang telah ditentukan untuk siswa dengan kategori tuntas dalam belajar sebanyak 35 orang, sedangkan siswa dengan kategori belum tuntas dalam belajar sebanyak 1 orang. Untuk presentase nilai klasikal siswa dari 36 orang dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa sebesar 80.5%.

 

Improving the learning outcomes of throwing and catching balls in baseball games through a play approach to V SD No. 014671 Sending Kab. Asahan Sumatera Utara Tahun Ajaran 2021/2022 Academic Year. The research method used in this study is the method of class action (class room action research) by giving the form of a game. The results of the research efforts to Improving the learning outcomes of throwing and catching balls in baseball games through a play approach to V SD No. 014671 Sentang Kab. Asahan Sumatera Utara Tahun Ajaran 2021/2022, with a KKM score of 70 students who completed learning in the first cycle with an average of 78.83%. In accordance with the KKM that has been determined for students with a complete category in learning as many as 35 people, while students with an incomplete category in learning are 1 person. For the percentage of students' classical grades of 36 people with an average total value of 80.5% students