Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis keterampilan sosial menggunakan teaching personal and social responsibility pada materi kebugaran jasmani

Keterampilan Sosial TPSR Perangkat Pembelajaran Social Skills Learning Tools

Authors

November 15, 2022
November 24, 2022

Downloads

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran PJOK materi kebugaran jasmani kelas VIII SMP/MTS berbasis model pembelajaran TPSR dalam rangka meningkatkan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dari Borg & Gall dengan pengumpulan data Focuss Group Discussion dan angket/kuisioner serta pemvalidasian oleh 3 orang ahli. Analisis data kualitatif menyimpulkan bahwa produk pengembangan terkesan teacher-centered, langkah-langkah pembelajaran dalam RPP kurang definitif, dan memerlukan penjelasan lebih rinci tentang deskripsi nilai hasil pembelajaran dalam RPP, oleh karena itu produk pengembangan telah direvisi dan divalidasi untuk diuji cobakan. Analisis data kuantitatif menunjukkan RPP layak diterapkan dengan hasil uji coba kelompok kecil guru menunjukkan rata-rata skor 83% dan hasil uji coba kelompok besar menunjukkan peningkatan rata-rata skor menjadi 91%. Bahan Ajar layak diterapkan dengan hasil uji coba kelompok kecil guru menunjukkan rata – rata skor 81% lalu mengalami peningkatan pada uji coba kelompok besar dengan rata – rata skor menjadi 91% dan hasil uji coba kelompok kecil siswa menunjukkan rata – rata skor 81% lalu mengalami peningkatan pada uji coba kelompok besar dengan rata – rata skor menjadi 88%. Panduan Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran layak diterapkan dengan hasil uji coba kelompok kecil guru menunjukkan rata – rata skor 80% lalu mengalami peningkatan pada uji coba kelompok besar dengan rata – rata skor menjadi 92%.

 

Abstract: This research aimed to develop PE learning tools on physical fitness material for 8th grade based on TPSR learning model to improve students' social skills. This research used the R&D method from Borg & Gall with Focuss Group Discussion, questionnaires, and validation by three experts. The Qualitative data analysis concluded that the development product seemed teacher-centered, the learning steps in the lessons plan were less definitive and required a more detailed description explanation of the learning result in the lesson plan, therefore the product development was revised and validated for testing. The quantitative data analysis showed that lesson plans received to apply with the results of the small group of teachers showed an average score of 83% and the results of the large group showed the average score was 91%. Teaching materials are feasible to be applied with the results of the small group of teachers showed the average score 81% then increased in the large group with the average score was 91% and the results of the small group of students showed an average score of 81% then increased in the large group with the average score was 88%. Learning Monitoring and Evaluation Guidelines were feasible to apply with the results of the small group of teachers showing the average score of 80% and then increased in the large group with an average score of 92%.