PENGEMBANGAN EKSTRAKURIKULER PANAHAN DI SEKOLAH SEBAGAI WAHANA MEMBENTUK KARAKTER SISWA

Authors

  • Yudik Prasetyo

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpji.v7i2.421

Abstract

Abstrak

Pendidikan tidak hanya mencakup kurikulum sekolah, namun juga mencakup berbagai aspek yang dapat meningkatkan kompetensi generasi muda dalam menghadapi berbagai tantangan masa depan. Ekstrakurikuler panahan bagi pelajar diharapkan dapat turut memberikan kontribusi dalam membentuk pelajar sekolah dasar dan sekolah menengah menjadi generasi yang tangguh, sehat secara fisik dan memiliki logika serta nalar yang baik untuk menyerap berbagai hal yang positif yang ada di sekitarnya. Fungsi kegiatan ekstrakurikuler antara lain (a) pengembangan, (b) sosial, (c) rekreatif, dan (d) persiapan karir. Pembentukan karakter bangsa merupakan sangat penting bagi generasi muda dan menentukan nasib bangsa di masa depan. Generasi muda perlu memiliki mental kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan bekerja keras untuk menjadikan bangsanya menjadi bangsa yang memiliki daya saing tinggi, sehingga dapat berada sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Pembentukan karakter bangsa dapat dilakukan melalui ekstrakurikuler panahan seperti: ketika memanah, seorang pemanah harus benar-benar dapat menguasai atau mengendalikan emosinya karena stabilitas emosi sangat berpengaruh terhadap pencapaian skor. Cuaca, kelembaban udara, terpaan angin merupakan tantangan yang harus ditaklukan pada saat memanah. Pemanah harus mengambil keputusan yang tepat sesaat sebelum melepaskan panahnya ke sasaran ketika terjadi angin. Sistem penilaian dalam panahan juga mengajarkan pemanah untuk jujur karena skoring tidak dilakukan oleh wasit atau juri, tetapi dilakukan sendiri oleh pemanah

 

Kata kunci: karakter, panahan

Published

2011-02-27

How to Cite

[1]
Prasetyo, Y. 2011. PENGEMBANGAN EKSTRAKURIKULER PANAHAN DI SEKOLAH SEBAGAI WAHANA MEMBENTUK KARAKTER SISWA. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 7, 2 (Feb. 2011). DOI:https://doi.org/10.21831/jpji.v7i2.421.

Issue

Section

Articles