Melatih tingkat kepercayaan diri, kohesivitas, serta kecerdasan emosi siswa pada cabang olahraga sepakbola

kepercayaan diri kohesivitas kecerdasan emosi sepakbola.

Authors

November 23, 2021
June 23, 2021

Downloads

Faktor psikologis yang dimiliki oleh siswa mempengaruhi kecerdasan yang dimiliki untuk menunjang keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta melatih tingkat kepercaya diri. Kohesivitas, dan juga kecerdasan emosi seorang siswa melalui permainan serta olahraga pada cabang sepakbola. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriftif kuantiatatif dengan metode survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 24 siswa pada kelas khusus olahraga SMAN 1 Sewon Kabupaten Bantul Yogyakarta sampel yang digunakan merupakan keseluruhan populasi. Instrument yang digunakan adalah memberikan kuisioner kepada siswa kelas khusus olahraga. Analisis yang dilakukan untuk penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil yang didapatkan adalah pada tingkat kepercayaan diri, kohesivitas serta kecerdasan emosional siswa kategori tinggi sebesar 37,5% yang dapat dikartakan bahwa ketiganya mempengaruhi keberhasilan belajar siswa melalui permainan sepakbola.

 

Abstract: Psychological factors possessed by students affect the intelligence possessed to support learning success. This study aims to determine and train the level of self-confidence. Cohesiveness, and also the emotional intelligence of a student through games and sports in the football branch. The type of research used is descriptive quantitative with survey method. The sample used in this study were 24 students in a special sports class at SMAN 1 Sewon, Bantul Regency, Yogyakarta. The sample used was the entire population. The instrument used is to give questionnaires to students in special sports classes. The analysis carried out for this research is using quantitative descriptive analysis which is presented in the form of percentages. The results obtained are the level of self-confidence, cohesiveness and emotional intelligence of students in the high category of 37.5% which can be said that all three affect the success of student learning through football games.