MENINGKATKAN KETERAMPILAN SENAM MERODA MELALUI PERMAINAN TALI PADA SISWA KELAS VIIIA MTS MA’ARIF NU

Kun Wuryantoro dan Nur Rohmah Muktiani,

Abstract


Abstract

The study aims to determine the enhancement of learning through play rope to enhance meroda students’ skills in class VIIIA MTs Ma’arif NU Pecan Purworejo in physical education subjects. This research is a classroom action. Subjects in this study were all students in grade VIIIA Ma’arif NU Pecan Purworejo MTs, which are 32 students and is 2 cycles and each cycle held 2 meetings. Data analysis techniques used to analyze the data in this action research using descriptive analysis. Instrument in this study using observation sheets, questionnaires, interview guides are filled by students, teachers, and friends of the observer. The study concluded that learning through games gymnastics floor meroda strap can further enhance students’ skills in meroda gymnastics practice it. This is evidenced by the results of practice has increased significantly. Indicators of achievement are the KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) that the test result data 75. Based on skills of students before the action gets the value 75 is less than 20 students or 62.5% and the value of more than 75 there are 12 students or 37.5%. After receiving the first act (cycle 1) students who scored less than 75 live 7students or 21.87%, so in this cycle there is an increase of 40.63%, meaning students who achieve all of KKM to 25 students or 78.13%. In the second cycle of students who scored less than 75 is not there or achieves a 100% increase.

Keywords: Gymnastics, games, Meroda, Classroom Action Research

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran melalui permainan tali untuk meningkatkan keterampilan meroda pada siswa kelas VIIIA MTs Ma’arif NU Kemiri Purworejo pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIA MTs Ma’arif NU Kemiri Purworejo, yang berjumlah 32 siswa dan dilaksanakan 2 siklus dan tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian tindakan ini menggunakan analisis deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket, pedoman wawancara yang diisi oleh siswa, guru, dan teman pengamat. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran senam lantai meroda melalui permainan tali dapat lebih meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan praktik senam meroda tersebut. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil praktik yang mengalami peningkatan secara signifikan. Indikator ketercapaian adalah nilai KKM (kriteria ketuntasan minimal) yaitu 75.Berdasarkan data hasil tes nilai keterampilan siswa sebelum mendapat tindakan nilai kurang dari 75 adalah 20 siswa atau 62,5% dan nilai lebih dari 75 ada 12 siswa atau 37,5%. Setelah mendapat tindakan pertama (siklus 1) siswa yang nilai kurang dari 75 tinggal 7 siswa atau 21,87 % sehingga pada siklus ini ada peningkatan sebesar 40,63 %, berarti siswa yang mencapai KKM seluruhnya menjadi 25 siswa atau 78,13 %. Pada siklus kedua siswa yang mendapat nilai kurang dari 75 sudah tidak ada atau mencapai peningkatan 100 %.

Kata Kunci: Senam, Permainan, Siklus, Meroda


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v8i2.3488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats