Upaya meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya menggantung melalui alat bantu

Authors

  • Dwi Adya Prihandana Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpji.v14i1.21342

Keywords:

lompat jauh gaya menggantung, alat bantu, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XII TGB SMK Negeri 1 sedayu yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis, terjadi peningkatan yang signifikan pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada prasiklus hasil belajar lompat jauh gaya menggantung peserta didik kategori cukup 25,8%, kurang 64,5% dan sangat kurang 9,7%. Dalam prasiklus jumlah peserta didik yang tuntas adalah 8 peserta didik. Sedangkan pada Siklus I, kategori baik sebesar 22,5%, cukup 32,2%, kurang 42% dan kurang sekali 3,2%. Dalam Siklus I jumlah peserta didik yang tuntas adalah 17 peserta didik. Pada siklus II, kategori sangat baik sebesar 6,4%, baik 35,5%, cukup 38,7% dan kurang 19,4%. Dalam Siklus II jumlah peserta didik yang tuntas adalah 25 peserta didik. Pelaksanaan Siklus II menyebabkan hasil belajar lompat jauh gaya menggantung meningkat menjadi lebih baik. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan alat bantu mampu meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya menggantung.

Downloads

Published

2018-09-25

How to Cite

[1]
Prihandana, D.A. 2018. Upaya meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya menggantung melalui alat bantu. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 14, 1 (Sep. 2018), 26–31. DOI:https://doi.org/10.21831/jpji.v14i1.21342.

Issue

Section

Articles