Peningkatan hasil belajar gerak dasar melempar melalui pendekatan bermain

Authors

  • Dessy Anggraeni Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sutiyarsih Sutiyarsih SD Negeri Jarakan Bantul

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpji.v14i1.21340

Keywords:

variasi melempar, pendekatan bermain, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar variasi gerak dasar melempar dengan pendekatan bermain pada peserta didik kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IVA Sekolah Dasar Negeri Jarakan yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja (praktik) individu peserta didik dan observasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi variasi gerak dasar melempar dengan pendekatan bermain. Hal ini terlihat dari hasil belajar pada siklus I yang menunjukkan 17 peserta didik mencapai ketuntasan sebesar 62,96% dengan nilai rata-rata 72 dan pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 88,89% dengan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan sebanyak 24 dengan nilai rata-rata 79.

Downloads

Published

2018-09-25

How to Cite

[1]
Anggraeni, D. and Sutiyarsih, S. 2018. Peningkatan hasil belajar gerak dasar melempar melalui pendekatan bermain. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 14, 1 (Sep. 2018), 11–17. DOI:https://doi.org/10.21831/jpji.v14i1.21340.

Issue

Section

Articles