Pemahaman mahasiswa terhadap kompetensi guru pendidikan jasmani

Arvan Fetura, Tri Ani Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) 2013 terhadap kompetensi guru ditinjau dari matakuliah Persiapan Profesi Guru Pendidikan Jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatifif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif prodi PJKR angkatan 2013 FIK UNY. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan insidental sampling mengingat mahasiswa prodi PJKR angkatan 2013 sedang menempuh tugas akhir skripsi yang sulit ditemui sehingga jumlah sampel yang diperoleh adalah 120 responden dari 226 mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data menggunakan tes. Teknik analisis data penelititan menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan tingkat pemahaman mahasiswa PJKR 2013 terhadap kompetensi guru ditinjau dari matakuliah Persiapan Profesi Guru Pendidikan Jasmani adalah sebanyak 11 mahasiswa (9.17%) kategori sangat baik, 22 mahasiswa (18,33%) kategori baik, 62 mahasiswa (51,67%) kategori cukup, 19 mahasiswa (15,83%) kategori kurang baik, dan 6 mahasiswa (5%) kategori sangat kurang baik.

 

The level of understanding of pjkr students class 2013 on teacher competence in terms of ppg penjas

 

Abstract

This study aimed to determine the level of understanding of PJKR students 2013 on teacher competence in terms of Physical Education Teacher Profession Preparation course. This study is a descriptive quantitative research using survey method. The research population is active students of PJKR study program class 2013 of FIK of UNY. The sampling technique was incidental sampling students of PJKR study program class 2013, who were making undergraduate theses so they were difficult to meet so the total sample was 120 respondents of 226 students. The instrument to collect data was test. The research data analysis technique was descriptive statistics by percentage. Based on the research result, it’s concluded that the levels of understanding of PJKR students 2013 o teacher competence in terms of Physical Education Teacher Profession Preparation course are 11 students (9.17%) had very good understanding, 22 students (18,33%) had good understanding, 62 students (51,67%) had adequate understanding, 19 students (15,83%) had poor understanding, and 6 students (5%) had very poor understanding.


Keywords


Mahasiswa; Kompetensi; Pendidikan jasmani, Guru; Course; Physical Education PPG; Student of PJKR Study Program

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Sumhendartin, A.S. (2004). Diktat matakuliah: persiapan profesi guru pendidikan jasmani. Yogyakarta: FIK UNY.

Sudijono, A. (2006). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rohman, A. (2009). Ilmu pendidikan. yogyarta: UNY Press

Siswoyo, D., Sulistyono, T., & Dardiri, A. (2013). Ilmu pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

FIK UNY. (2015). Kurikulum 2014 fakultas ilmu keolahragaan. Yogyakarta: FIK UNY.

Mulyasa, E. (2013). Standard kompetesi dan sertifikasi guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v13i2.21027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Stats