PENINGKATAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT DALAM PEMBELAJARAN BOLABASKET DENGAN PERMAINAN LOMPAT KIJANG PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII C SMP NEGERI GALUR TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Abstract
This study aims to investigate the increase of Lay Up Shoot learning using the deer jump game on physical education
lesson in class VIII C SMP Negeri 1 Galur. This research was a classroom action research which consists of two
cycles. Each cycle consists of one meeting. The subjects of research were all students of class VIII C SMP Negeri
1 Galur (26 students, 12 boys and 14 girls). The instruments in this study were: (1) observation sheet, (2) interview
guidance, and (3) field note. The data presented in the form of descriptive. The study concluded that the use of
methods or the deer jump game can enhance the learning process and results of Lay Up Shoot on students of class
VIII C SMP Negeri 1 Galur. Based on test data in the first cycles, the average mark of students increased to 75.8 than
before given the action that was 60,8. In the second cycles the student’s average mark increased to 83.08 learners.
In the second cycles, 88.46% students can reach the minimum competence standard that is 75.
Keywords: Results of Study, Lay up Shoot, Deer Jump Game
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran Lay Up Shoot dengan permainan lompat kijang
dalam pembelajaran Penjasorkes kelas VIII C SMP Negeri 1 Galur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Subjek penelitian adalah seluruh peserta
didik kelas VIII C SMP Negeri 1 Galur (26 siswa, 12 putra dan 14 putri). Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah: (1) lembar observasi, (2) panduan wawancara, dan (3) catatan lapangan. Teknik analisis data yang
dilakukan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode
bermain lompat kijang dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran Lay Up Shoot pada peserta didik kelas
VIII C SMP Negeri 1 Galur. Berdasarkan data hasil tes pada siklus I, rata-rata nilai siswa yaitu 75,8 yang meningkat
dibandingkan sebelum diberikan tindakan yaitu 60,8. Pada siklus II rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi
83,08. Pada siklus II, 88,46% peserta didik dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75.
Kata kunci: Hasil Belajar, Lay Up Shoot, Permainan Lompat Kijang
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v12i1.10209
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.