PSIKOLOGI KOGNITIF SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN DASAR MEMBACA BIDANG SAINS
DOI:
https://doi.org/10.21831/pep.v13i2.1414Keywords:
tes kemampuan dasar membaca, sains, psikologi kognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji psikologi kognitif sebagai dasar pengembangan tes kemampuan dasar (TKD) membaca sains; (2) menentukan karakteristik TKD membaca sains yang dikembangkan; (3) menentukan kriteria penilaian dan cara menginterpretasikan hasil TKD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Populasi penelitian adalah siswa SD kelas 5 di kota Ungaran, kabupaten Semarang. Sampel ditentukan secara clustering random sampling, dengan ukuran 549 siswa. Instrumen berupa tes kemampuan dasar membaca, bertema Sains, berbentuk tes objektif 3 pilihan, sebanyak tiga buku tes. Analisis dilakukan dengan bantuan software microCat ITEMAN, BILOG, dan LISREL. Hasil penelitian berupa: (1) tiga buku tes TKD-membaca yang telah diketahui karakteristik soalnya dan (2) TKD-meter sebagai alat interpretasi hasil tes kemampuan dasar membaca. Karakteristik soal TKD-membaca meliputi indeks tingkat kesukaran (berada pada kategori mudah sampai sukar) dan indeks daya beda (berada pada kategori baik). TKD-meter yang dihasilkan terdiri atas empat level. Level I merupakan level terendah, dan level IV merupakan level tertinggi. Siswa berada pada level I, setara dengan kemampuan siswa kelas 3 SD. Siswa berada pada level II, setara dengan kemampuan siswa kelas 4 SD.
Kata kunci: tes kemampuan dasar membaca, sains, psikologi kognitifReferences
Anderson, J. R. (1995). Cognitive psychology and its implications ( 4th ed.). New York: W.H. Freeman Company.
Cook, L. L., & Eignor, D. R. (1991). IRT equating methods. Journal of Educational Measurement, 37-45.
Darmiyati Zuchdi, Sukamto, dan Suryanto. (2002). Pengembangan alat ukur peringkat keterampilan membaca, menulis, dan matematika pada jenjang sekolah dasar. Laporan Penelitian. Yogyakarta:UNY.
Elley, W. B. (1992). How in the world do student read. Hamburg: Grindeldruck GMBH.
Embretson, S. E. (1995).A measurement model for linking individual learning processes and knowledge: Application to mathematical reasoning. Journal of Educational Measurement, 32 (3), 277-294.
___. (1998). A cognitive design system approach to generating valid test: Application to abstract reasoning.Psychological Method, 3, 380-396.
____. (1999). Generating item during testing: Psychometric issues and models.Psychometrica, 64, 407-433.
_____. (2002). Generating abstract reasoning item with cognitive theory. Dalam Irvine, S. H., & Kyllonen, P. C. Item generation for test development(pp 219-250). Mahwah, N. J.: LEA Publisher.
Embretson, S. E., & Gorin, J. S. (2001). Improving construct validity with cognitive psychology principles. Journal of Educational Measurement, 38 (4), 343-368.
Garson, D. (2006). Structural equation modeling. Diambil pada tanggal 20 Agustus 2006, dari http://www2.chass.ncsu.edu/garson/pa765/structur.htm.
Gorin, J. S. (2006a). Test design with cognition in mind. Educational Measurement: Issues and Practice, 25 (4), 21-35.
_____. (2006b). Manipulation of processing difficulty on reading comprehension test questions: The feasibility of verbal item generation. Journal of Educational Measurement, 42, 351-373.
Gorin, J. S., & Embretson, S. E. (2006). Item difficulty modeling of paragraph comprehension item. Applied Psychological Measurement, 30 (5), 394-411.
Hieronymus, A.N., Linquist, E.F., & Hoover, H.D. (1982). Manual for school administrators Iowa tests of basic skills. Chicago: The Riverside Publishing Company.
IEA TIMSS & PIRLS International Study Center. (2007a). PIRLS 2006 International Report. Diambil pada tanggal 7 April 2007, dari http://pirls.bc. edu./pirls 2006/intl-rpt.Html
IEA TIMSS & PIRLS International Study Center. (2007b). PIRLS 2006 Technical Report.Diambil pada tanggal 7 April 2007, dari http://pirls.bc.edu./pirls 2006/tech-rpt. Html.
IES National Center for Educational Statistic. (2007). The reading literacy of U. S. fourth-grade students in an international context. Diambil pada tanggal 7 April 2007, dari http://nces.ed.gov./survey/pirls/
Jackson, N., & D'Andrea V. (2000). Benchmarking the outcomes of learning. Dalam Jackson, N., & Lund, H. (Eds). Benchmarking for higher education. (pp 85-105). London: SHRE and Open University Press.
Jordan, A., & Withnall. (1997). The core attributes of biological sciences graduates. London: Institute of Biology.
Lemlit UNY & Dinas Pendidikan DIY. (2004). Laporan kegiatan: Analisis tes kemampuan dasar siswa sekolah dasar di DIY.
Kolen, M. J., & Brennan,R. L.(1995). Test equating, scaling, and linking methods and practices (2nd ed.). New York: Spring Science & Business Media, LLC.
Masters, G. et al. (1989). Profiles of learning. Hawton, Victoria: ACER.
Neni Utami Adiningsih. (2002). Mencermati generasi gagap aksara. Pikiran Rakyat Cyber Media Kamis, 07 Nopember 2002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. However, even though the journal asks for a copyright transfer, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
The copyright transfer agreement form can be downloaded here: [JPEP Copyright Transfer Agreement Form]
The copyright form should be signed originally and sent to the Editorial Office through email to jurnalhepi@uny.ac.id
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.