MODEL PENGENALAN AIR BAGI SISWA TAMAN KANAK-KANAK
DOI:
https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2626Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan model pengenalan air melalui aktivi-tas bermain bagi siswa TK (Taman Kanak-kanak) kelompok B. Model pengenalan air mengembang-kan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yang sesuai dengan kurikulum dan karakteristik siswa TK kelompok B. Model pengenalan air diharapkan digunakan guru dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Penelitian dan pengembangan melalui 9 tahapan yang mengadaptasi model Dick & Carey. Hasil penelitian berupa model pengenalan air bagi siswa TK yang terdiri dari 6 permainan, yaitu: (1) bola warna, (2) air tumpah, (3) harta karun, (4) mandi pagi, (5) hewan laut, dan (6) balap donat dan kacang. Model disusun dalam buku pedoman berjudul "Jelajah Air". Berdasarkan penilaian para ahli materi dan guru dapat disimpulkan bahwa model pengenalan air bagi siswa TK sesuai dengan kurikulum dan karakteristik siswa TK kelompok B. Selain itu, model pengenalan air dapat mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sehingga layak digunakan dalam pembelajaran TK kelompok B.
Kata kunci: model, pengenalan, air, TK
Downloads
Published
2014-09-01
How to Cite
Utami, N. S., & Sukadiyanto, S. (2014). MODEL PENGENALAN AIR BAGI SISWA TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 204–215. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2626
Issue
Section
Articles
Citation Check
License
Jurnal Keolahragaan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.