Development of students’ worksheet-based AR video and QR-timer test on biographical text materials Class X Senior High School 1 Pelalawan
Charlina Charlina, Universitas Riau, Indonesia
Elvrin Septyanti, Universitas Riau, Indonesia
Abstract
Keywords
References
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran video animasi dua dimensi Situs Pekauman di Bondowoso dengan model ADDIE mata pelajaran sejarah kelas X IPS. JEUJ: JURNAL EDUKASI, 5(1), 19–23. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010
Anonym. (2022). Bagaimana cara menggunakan kode QR dalam pendidikan. QR TIGER. www.qrcode-tiger.com/id/how-to-use-qr-codes-for-education-and-books
Anwar, Sukino, & Erwin. (2022). Komparasi penerapan kurikulum merdeka dan K13 di SMA Abdussalam. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(1), 83–96. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i1.4101
APJII. (2022a). Profil Internet Indonesia. CSA Consulting. https://apjii.or.id/
APJII. (2022b). Profil internet Indonesia 2022. APJII. https://apjii.or.id/survei2022x/download/oGxqT65tl4vbK3yin07NUWJfLcH1lh
Aprilianti, P. P., & Astuti, D. (2020). Pengembangan LKPD berbasis STEM pada Materi bangun ruang sisi datar SMP kelas VIII. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 691–702. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.691-702
Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 586–595. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665/4066
Aulia, F. T., & Gumilar, S. I. (2021). Cerdas cergas berbahasa dan bersastra Indonesia untuk SMA/SMK kelas X. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://sman8bpp.sch.id/download/bse_ikm/kelas_x/uploads/BAHASA_INDONESIA-BS-KLS_X.pdf
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/5006
Bagaswara, Y. (2021). Pengembangan modul berbasis QR code sebagai bahan ajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Stella Duce 2 Yogyakarta [Sanata Dharma University]. https://repository.usd.ac.id/41603/
Bahar, H. (2019). The application of QR codes as a teaching tool in English language teaching at vocational high school (a case study at SMK Negeri 1 Wajo) [Universitas Hasanuddin]. https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/3004/
Daulay, S. S. (2021). Hubungan antara QR code dan dunia industri perdagangan. Kemenperin. file:///D:/Apa Itu QR Code.pdf
Diana, E., & Rofiki, M. (2020). Analisis metode pembelajaran efektif di era new normal. JRPP: Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 336–342. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1356
Febriana, R. (2021). Evaluasi pembelajaran. Bumi Aksara.
Harahap, N. J. (2019). Mahasiswa dan revolusi industri 4.0. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Manajemen), 6(1), 70–78. https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i1.38
KPAI. (2020). Survei KPAI: Guru tak interaktif selama belajar dari rumah. KPAI. www.cnnindonesia.com/nasional/202004271602821-497716/survei-kpai-guru-tak-interaktif-selama-belajar-dari-rumah
Krismawati, N. U., Warto, W., & Suryani, N. (2018). Kebutuhan bahan ajar sejarah lokal di sma. CENDEKIA: Jurnal Kependidikan & Kemasyarakatan, 16(2), 355–374. https://doi.org/10.21154/cendekia.v16i2.1331
Latifah, S., & Azrina, N. (2020). Analisis media pembelajaran berbasis e-learning di masa COVID-19 pada Guru SD/MI di Jember. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(2), 81–93. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v1i2.76
Magdalena, S. A. (2020). Membuat variasi soal di Google Formulir. Kemenristekdikti. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/membuat-variasi-soal-di-google-formulir/
Mansyur, U., Alwi, E. I., & Akidah, I. (2022). Peningkatan keterampilan guru dalam memanfaatkan Google Form sebagai media evaluasi pembelajaran jarak jauh. Jurnal Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 7(1), 23–34. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v7i1.1112
Mustofa, Z. (2020). Evaluasi penyelenggaraan ujian semester berbasis komputer (USBK) menggunakan model CIPP. Jurnal TEKNODIK, 24(1), 14–24. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.519
Novriani, S., Hakim, L., & Lefudin, L. (2021). Pengembangan E-LKPD mteri momentum dan impuls berbasis Android untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 29–44. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.7136
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala Dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif: Menciptakan metode pembelajaran yg menarik dan menyenangkan. Diva Press.
Purba, S. A. (2020). Membuat variasi soal di Google Formulir. Kemendikbudristek. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/membuat-variasi-soal-di-google-formulir/
Purwanto. (2016). Evaluasi hasil belajar. Pustaka Belajar.
Rahayu, I. K., Subyantoro, & Pristiwati, R. (2022). Biografi sastrawan lokal dalam pembelajaran teks biografi untuk peserta didik SMA. Jurnal Sinestesia, 12(2), 739–746. https://www.sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/236
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian dan pengembangan model ADDIE & R2D2. Lembaga Academic & Research Institute.
Rizka, O. S. (2022). Pengembangan media flashcards berbasis QR code pada mata pelajaran bahasa Inggris materi parts of body kelas V [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/16942/
Rohana, S., & Syahputra, A. (2021). Model Pembelajaan blended learning pasca new normal COVID-19. AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 48–59. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.488
Sahlani, L., & Agung, B. (2020). Asesmen pembelajaran berbasis G-Form pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MAN 2 Bandung. Al-Ibanah: Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan, Dan Pendidikan, 5(1), 1–27. https://journal.iaipibandung.ac.id/index.php/ibanah/article/view/20
Sapitri, M., & Nugroho, A. (2022). Model bahan ajar menulis teks biografi pada siswa Kelas X MA Riyadhus Sholihin. Linggau Jurnal Language Education and Literature, 2(3), 23–36. https://doi.org/10.55526/ljlel.v2i3.365
Septiyawan, A. (2021). Pengembangan media berbasis aplikasi QR Code dalam pembelajaran materi surat pribadi dan resmi Kelas VII SMP Negeri 3 Gamping tahun ajaran 2021/2022 [Universitas PGRI Yogyakarta]. https://repository.upy.ac.id/3410/
Sugiyono. (2022). Metode penelitian dan pengembangan. Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tohardi, A. (2019). Pengantar metodologi penelitian sosial + Plus. Tanjungpura University Press.
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v11i3.67633
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tengku Hamid Darmawan, Charlina, Elvrin Septyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics