Keefektifan permainan domino berbasis Android pada materi bilangan bulat

Bilangan penelitian pengembangan permainan domino numbers development research dominoes game

Authors

Downloads

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan permainan domino berbasis android pada materi bilangan bulat di kelas VII Mts Islamiyah Trimoharjo yang efektif untuk digunakan. Peneliti ini menggunakan metode pengembangan dengan dua tahapan yaitu tahap preliminary (tahap persiapan dan tahap pendesainan materi) dan tahap formative evaluation (tahap evaluasi dan tahap revisi). Pada tahap expert review dengan ahli media diperoleh hasil akurasi desain dan kualitas teknis yang baik, sedangkan dengan ahli materi  diperoleh hasil akurasi konten yang sesuai sehingga permainan domino berbasis android pada materi bilangan dapat dikatakan valid. Kemudian, media diujicobakan kepada 6 siswa untuk memperoleh media yang praktis. Dari hasil ujicoba pada tahap small group diperoleh hasil 91,66 dengan kategori sangat baik yang artinya media dapat dikatakan praktis untuk digunakan. Selanjutnya, media diujicobakan pada tahap field test untuk melihat keefektifan media pembelajaran. Dari hasi rekapitulasi didapat hasil 95,21 dengan kategori sangat baik yang artinya media dapat dikatakan efektif untuk digunakan. Permainan domino berbasis android efektif digunakan dalam pembelajaran bilangan bulat. Oleh karena itu, perlunya mengembangkan media berbasis android untuk mendukung pembelajaran.


The online learning method makes it difficult for Accounting students to understand the material containing calculation theory, such as Budgeting. Therefore, in this study, an application called Budgeting in App has been built, which helps improve understanding of budgeting materials and exercises. The stages of this research include problem analysis, needs analysis, design, application development, and application testing. This application contains seven material topics: sales budget, raw material budget, operating expense budget, inventory, accounts receivable budget, cash budget calculation menu, and debt and capital budget. Tests have been carried out to evaluate the application's reliability, consisting of three scenarios: functional system testing, application flow, and the impact of using applications in teaching and learning. The results show that all application features have been running well and are by the concept of budgeting algorithms, and 75% of students strongly agree that this application has been developed well.