Pengembangan visual novel game mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah menengah pertama

Authors

  • Adrie Satrio East Dizain Learning Yogyakarta
  • Abdul Gafur Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10140

Keywords:

visual novel game, social sciences

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan visual novel game pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk siswa SMP, dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan visual novel game. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri atas tiga tahap, yaitu: (1) define, (2) design, dan (3) develop. Pada tahap develop dilakukan uji coba awal dengan subjek 6 orang siswa. Tahap selanjutnya adalah uji coba kuantitatif dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang untuk kelas kontrol dan ekseperimen. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Produk visual novel game berhasil dikembangkan. Visual novel game dinilai layak dengan skor rata-rata hasil validasi ahli media dan materi mencapai 4,4. (2) Visual novel game dinilai efektif dengan terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil gain pretest dan posttestantara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai t sebesar 8,252 pada α 0,000 (< 0,05) dan >50% siswa memihak kutub positif.

Kata kunci: visual novel game, ilmu pengetahuan sosial.

 

DEVELOPING A VISUAL NOVEL GAME IN SOCIAL SCIENCES LESSON FOR JUNIOR HIGH SCHOOL

Abstract

This research aims to: (1) develop a visual novel game on social sciences lesson for seventh grade junior high school students, and (2) reveal the students learning achievement after using visual novel game. This study refered to the model suggested by Thiagarajan grouped into three steps, consisting of: (1) define, (2) design, and (3) develop. At the stage of develop the initial testing was done with six students. The next step was the quantitative testing with both control and experimental class consisting of 34 students. The results of study are as follows. (1) The visual novel game product was successfully developed. The visual novel game is considered worthy, feasibility can be seen from the expert assessment score of 4.4 in media and materials. (2) The visual novel game is considered effective indicated by significant difference of the pretest and the posttest gain scores between the experimental class and control class with t 8.252 at α 0,000 (<0,05) and >50% students choose the positive pole.

Keywords: visual novel game, social sciences

Author Biographies

Adrie Satrio, East Dizain Learning Yogyakarta

Adrie Satrio, lahir di Bengkulu pada tanggal 22 Maret 1991. Menyelesaikan pendidikan S-1 pada program studi Teknologi Pendidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014. Kemudian pada tahun yang sama melanjutkan studi di program studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Saat ini bekerja sebagai desainer dan programmer pada studio multimedia indie production East Dizain Learning.

Abdul Gafur, Universitas Negeri Yogyakarta

Abdul Gafur, lahir di Ngawi, Jawa Timur pada tanggal 6 Agustus 1944. Menyelesaikan pendidikan S-1 pada Civic-Hukum di IKIP Yogyakarta tahun 1969. Pada tahun 1978 berhasil menyelesaikan S-2  Instructional Technology di Syracuse University, Newyork USA, serta menyelesaikan S-3 Teknologi Pendidikan di IKIP Jakarta & Univerity of Shouthern California, L.A pada tahun 1987. Bekerja sebagai staf pengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2017-04-28

Issue

Section

Articles