PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL KONSTRUKTIVISTIK BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN

Authors

  • Yusri Yusri
  • Samsuri Samsuri

DOI:

https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2443

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Kemmis & Taggart, yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sentolo pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014, berjumlah 32 siswa.  Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif untuk menghitung nilai rata-rata hasil belajar, selanjutnya nilai rata-rata tersebut dibandingkan antara siklus I dengan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa adalah 59,41 (ketuntasan 0%), dengan tindakan siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 70,31 (ketuntasan 62,50%), pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,66 (ketuntasan 93,75%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran konstruktivistik berbantuan media dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sentolo Kulon Progo.

Kata kunci: Model Konstruktivistik, media pembelajaran, hasil belajar IPS.

Downloads

Published

2014-09-01

How to Cite

Yusri, Y., & Samsuri, S. (2014). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL KONSTRUKTIVISTIK BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2443

Issue

Section

Articles