Factors Affecting Millennial Generation Interest of Using E-Money

Afrida Putritama, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rizki Shinta Puspita Sari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstract: This research aims to answer the research gap of previous TAM research, as the factors affecting interest in using e-money on millennials by using 2 aspects of the TAM (ease and usefulness) with promotion and risk of use. This research applied causal-comparative to quantitative research methods. The results imply that: 1) The higher the ease of use of e-money, the higher the interest of millennials in using e-money; 2) Millennials have perceived the benefits from using e-money in transactions which certainly encourages the interest on using it; 3) The more intense the promotion carried out by the publisher, the millennials will be more likely to experience the promotion, so that it can encourage the interest in using e-money; 4) Millennials tend to prioritize the benefits than the risks of using e-money.

Keywords: interest to use, e-money, millennials

 

Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-money pada Generasi Milenial

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menjawab research gap penelitian TAM terdahulu yaitu mengetahui faktor yang mempengaruhi minat penggunaan e-money pada generasi milenial dengan menggunakan 2 aspek pada teori TAM (kemudahan dan kebermanfaatan) dengan daya tarik promosi dan risiko penggunaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitan kuantitatif kausal komparatif. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa: 1) Semakin tinggi kemudahan penggunaan e-money yang dirasakan, maka semakin tinggi pula minat generasi milenial untuk menggunakan e-money, 2) Generasi milenial telah merasakan manfaat yang dihadirkan dari penggunaan e-money dalam bertransaksi yang tentunya mendorong minat menggunakan e-money; 3) Semakin gencar promosi yang dilakukan pihak penerbit maka semakin besar kemungkinan generasi milenial merasakan promosi yang diberikan sehingga mampu mendorong minat untuk menggunakan e-money; 4) Generasi milenial cenderung mementingkan manfaat yang didapat dibandingkan dengan risiko yang akan diterima dari penggunaan e-money.

Kata kunci: minat penggunaan, e-money, generasi milenial


Keywords


millennial generation, e-money, interest to use

Full Text:

PDF

References


Adiyanti, A. I. (2015). Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Money. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 3(E-Money).

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif : Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajagrafindo.

AMIJAYA, G. R. (2010). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Resiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Nasabah Bank BCA). Semarang: Universitas Diponegoro.

Andrianto, H. N., & Idris, I. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis Mpv Merek Toyota Kijang Innova Di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 2, 1–10.

Andriyanto, Y., & Rahmawati, D. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Rekening Ponsel (Studi Kasus Pada Nasabah Cimb Niaga Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Profita, 4(1), 1–16.

Anggraeni, R. (2015). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kegunaan Terhadap Niat Untuk Menggunakan dan Penggunaan Aktual Layanan Jejaring Sosial Berbasis Lokasi (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ekonomi Bisnis, 1, 44–52.

Bryman, A. (2012). Social Research Methods. 4th (4th ed.). United States: Oxford University Press Inc.

Candraditya, H., & Idris. (2013). Analisis Penggunaan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Produk Flazz BCA di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Management, 2, 1–11.

Chin, W. W., & Todd, P. A. (1995). Note of Caution On the Use , Usefulness , and Ease of Use of Structural Equation Modeling in MIS Research : A Note of Caution, 19(2), 237–246.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. IT Usefulness and Ease of Use Perceived, 13(September), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008

Dzulhaida, R., Rifaldi, R., & Giri, W. (2018). Analisis Minat Masyarakat Terhadap Penggunaan Layanan E-Money Di Indonesia Dengan Menggunakan Model Modifikasi Unified Theory Of Acceptance And Use Technology 2 ( UTAUT 2 ), 15(2), 155–166.

Fadlillah, F. (2018). Sudah Saatnya Beralih ke E-money, Alat Pembayaran Zaman Now.

Fachmi, M. I., Rahayu, S., & Astuti, T. (2016). Analisis Kemenarikan Desain Website , Reputasi Vendor , Dan Persepsi Kemudahan Transaksi Dengan Persepsi Nilai Pelanggan Sebagai Variabel Intervening, 5, 1–12.

Genady, D. I. (2018). Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, Dan Promosi Uang Elektronik Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Di Masyarakat (Studi Kasus di Provinsi DKI Jakarta) SKRIPSI. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS (Vol. 12). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hadiyati, P., & Damayanti, N. (2018). The Impact Of Usefulness Perception, Easiness Perception, Trust And Security On Interest To Use Flazz Bca Electronic Money. International Journal Of Advanced Research (IJAR), 6(11), 798–804. https://doi.org/10.21474/IJAR01/

Hidayati, S., Nuryanti, I., Firmansyah, A., Fadly, A. and Darmawan, I. Y. (2006). Kajian Operasional E-Money. Jakarta: Bank Indonesia

Howe, N., & Strauss, W. D. (2000). Millennials Rising , the Next Great Generation Millennials Rising , the Next Great Generation. New York: Vintage.

Jarvenpaa, S., L., Tractinsky, N., & Vitale, M. (2000). Consumer trust in an Internet Store. Information Technology and Management Special Issue on Electronic Commerce, (November), 45–71. https://doi.org/10.1023/A

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 14th Edition. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Leadership, P. R. C. (2010). Millennials: Confident, Connected, Open to Change. New York: Paw Research Center.

Lee, M. (2009). Electronic Commerce Research and Applications Factors influencing the adoption of internet banking : An integration of TAM and TPB with perceived risk and perceived benefit. Electronic Commerce Research and Applications, 8(3), 130–141. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2008.11.006

Mamman, H., Maidawa, M., & Saleh, M. (2015). Effects of Perceived Risk on Online Shopping. In 1st Management, Technology, and Development Conference.

Mannheim, K. (1923). The Problem of Generations (Vol. 24). Hungaria.

Mathieson, K. (1991). Predicting User Intentions : Comparing the Technology Acceptance Model with the Theory of Planned Behavior. Information Systems Research, 2, 173–191. https://doi.org/10.1287/isre.2.3.173

Miliani, L., Purwanegara, M. S., Tantri, M., & Indriani, D. (2013). Adoption Behavior of E-Money Usage, 5(7), 369–378.

Ministry of Women’s Empowerment and Child Protection in Thematic Gender Statistics. (2018). Profile of Indonesian Millennial Generation. Jakarta: Central Bureau of Statistic.

Nugroho, J. S. (2003). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Pavlou, P. A. (2003). Consumer Acceptance of Electronic Commerce : Integrating Trust and Risk with the Technology Acceptance Model, 7(3), 101–134. https://doi.org/10.1080/10864415.2003.11044275

Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang) Pendahuluan Kajian Teori Perilaku Konsumen. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Purnama, C. A. (2012). Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan Dan Harga Terhadap Minat Beli E-Toll Card Bank Mandiri (Studi Kasus pada Pengguna Jalan Tol di Kota Semarang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya.

Ramadhan, A. & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 14, 155–168.

Saraswati, P., & Baridwan, Z. (2012). PENERIMAAN SISTEM E-COMMERCE : PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI RISIKO. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 1–19.

Shomad, A. C., & Purnomosidhi, B. (2012). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Risiko Terhadap Perilaku Penggunaan E-Commerce. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 1–20.

Sigar, J. F. (2016). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kesenangan Niat Menggunakan Uang Elektronik Di Manado. Jurnal EMBA, 4(2), 498–507.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Venkatesh, & Davis, F. D. (2000). A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model : Four Longitudinal A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science, 46, 186–204. Retrieved from https://doi.org/10.1287/mnsc.46.2.186.11926

Widhiani, A., & Idris. (2018). Pengaruh Promosi, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Beli Di Situs Bukalapak (Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Management, 7, 1–6.

Wulandari, R. (2012). Dimensi-dimensi Persepsi Risiko Keseluruhan Konsumen. JRMB,7,115-124.

Yang, Y., Liu, Y., Li, H., & Yu, B. (2015). Understanding perceived risks in mobile payment acceptance. Emerald, 253–269. Retrieved from https://doi.org/10.1108/IMDS-08-2014-0243

Yogananda, A. S., & I Made Bayu Dirgantara. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal of Management, 6, 1–7.




DOI: https://doi.org/10.21831/economia.v16i2.29471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Archive, Citation & Indexing:

More archive, citation, & indexing...

Creative Commons License

This site is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License