DAMPAK REGULASI DI BIDANG TIK TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL SISWA DI SEKOLAH
Downloads
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis regulasi di bidang TIK yang disusun oleh SMK Sore Sunan Rahmat di Tulungagung, dampak positif dan negatif yang terjadi, dan berbagai perubahan perilaku sosial siswa pasca regulasi TIK. Metode yang dingunakan yaitu penelitian kualitatif. Data diperoleh dari hasil participation observation dan in-depth interview. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah: data display, data reduction, classification, dan conclusion). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) terdapat empat regulasi TIK yang disusun, yaitu mengintegrasikan TIK dalam proses pembelajaran di sekolah, membentuk ICT center. membentuk Jejaring Pendidikan Siswa (Jardikwa), mengembangkan TIK secara mandiri tanpa ketergantungan dengan pihak lain, 2) terdapat dampak positif dan negatif regulasi pemanfaatan TIK, namun dampak positif telah mendominasi regulasi itu, dan 3) perubahan sikap sosial yang terjadi mayoritas bersifat positif dan mampu meningkatkan mutu layanan sekolah kepada siswa.
Keywords: regulasi, teknologi, informasi, komunikasi, perilaku sosial
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.