PENDEKATAN KOMUNIKASI TOTAL BAGI ANAK TUNARUNGU
Downloads
tunarungu, menyebabkan kurang atau tida,k mampu mengadakan komunikasi
dengan sesama dan atan dengan lingkungannya.
Dalam kondisi yang semacam ito, berbagai upaya dilakukan dalam rangka
mengantarkan aDak-aDak tunarungu menuju ke.arah kehidupan yang wajar. Upaya
untuk memenuhi tuntutan ito adalah pengembangan komunikasi bagi aDak-aDak
tunaTungu melalui pendekatan Komunikasi Total. Dengan pendekatan ini
ctiharapkan aDak tunaruogu dapat mengernbangkan dirinya seoptimal mungkin
dalam berkomunikasi.
Komunikasi total melibatkan berbagai spektrum berbahasa yang meliputi;
gerak-gerik (gestures), bahasa isyarat {sign language}, berbicara, membaca ujaran,
membaca, menulis serta pemanfaatan sisa pendengaran.
Suparno, S. (2016). PENDEKATAN KOMUNIKASI TOTAL BAGI ANAK TUNARUNGU. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.8684
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 230/E/KPT/2022 which is valid for five years since enacted on 30 December 2022.