PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BIOLOGI MOBILE BERBASIS ANDROID DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Dian Noviar,

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Ensiklopedi Biologi Mobile Berbasis Android Untuk Siswa Madrasah Aliyah dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013, dan mengetahui kelayakan produk ensiklopedi biologi mobile yang dihasilkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE. Empat tahapan pada prosedur pengembangan ADDIE yang dilalui dalam penelitian ini adalah Analysis, Design, Develop dan Evaluation. Ensiklopedi Biologi Mobile Berbasis Android dinilai oleh 1 orang Ahli Media, 1 orang Ahli Materi, 1 orang Ahli IT, 9 orang Peer Reviewer, dan 3 orang Guru Biologi. Uji coba terbatas dilakukan pada 25 orang siswa kelas X MA Ali Maksum Yogyakarta dan didukung 5 orang mahasiswa pendidikan biologi untuk mengetahui tanggapan responden terhadap produk ensiklopedi biologi mobile. Instrumen yang digunakan berupa angket check list. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang diubah kuantitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Ensiklopedi Biologi Mobile Berbasis Android yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian keseluruhan reviewer memperoleh kualitas Sangat Baik (87,42%). Hasil uji coba terbatas dari respon siswa dan mahasiswa menunjukkan bahwa Ensiklopedi Biologi Mobile Berbasis Android memiliki kualitas Sangat Baik (89,3%) dan Sangat Baik (84,8%).  

 

Kata Kunci: Ensiklopedi Biologi, Android, Mobile, sumber belajar, kurikulum

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter