PERANAN PROGRAM REMIDIAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7460Abstract
Adalah suatu realita bahwa dalam proses belajar mengajar terdapat perbedaan-perbedaan pada diri siswa, baik yang berasal dari faktor-faktor internal maupun eksternal. Perbedaan perbedaan itu antara lain dalam hal :
- Waktu dan irama perkembangan
- Motif, inteligensi dan emosi
- Kecakapan menangkap pelajaran
- Pembawaan
- Lingkungan
Dengan perbedaan-perbedaan itu akan dihasilkan tingkat penguasaan belajar yang berbeda-beda pula. Ini berarti bahwa dalam pelaksanaan proses belajar-mengajar itu ada siswa-siswa yang cepat dan berhasil mencapai tujuan instruksional yang hendak dicapai. Namun sebaliknya ada pula siswa-siswa yang lambat dan menemui kesulitan dalam mencapai tujuan instruksional itu.
Untuk memberikan pelayanan kepada individu siswa dan tingkat keberhasilannya yang berbeda-beda, maka proses belajar mengajar di sekolah-sekolah kita selain berorientasi kepada tujuan instruksional yang hendak dicapai, juga berorientasi kepada prinsip belajar tuntas. Khusus untuk melayani siswa yang lamban, menemui kesulitan dalam mencapai tujuan isntruksional, maka dilaksanakan program remedial dalam proses belajar-mengajar. Dengan program remedial itu diharapkan semua siswa yang mengalami kesulitan belajar dapat ditolong, sehingga tak ada seorang pun dari seluruh populasi siswa yang tidak berhasil dalam mencapai tujuan instruksional yang di tentukan. Dengan demikian berarti bahwa dilaksanakannya program dalam proses belajar-mengajar akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi belajar.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.