KETERLIBATAN MINAT BACA MAHASISWA DALAM MENUNJANG SISTEM KREDIT : SEBUAH MASALAH
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7458Abstract
Perkembangan science dan teknologi yang begitu cepat dewasa ini telah mengakibatkan berbagai perubahan di setiap sektor kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Justru pada pendidikan inilah yang sering kali mengalami perubahan-perubahan baik yang hanya sekedar tambal sulam maupun perubahan secara struktural. Perubahan, penyempurnaan dan pembaharuan dalam penyelenggaraan pendidikan itu sebagai suatu yang wajar. Karena memang menangani bidang pendidikan berarti mengurus manusia yang dalam dirinya terkandung berbagai kompleksitas komponen yang dinamis, tidak statis. Mendidik adalah usaha kemanusiaan yang notabenenya akan menggarap berbagai persoalan mengenai sikap tingkah laku yang begitu uniek dan kompleks.
Dikaitkan dengan kegiatan pembangunan manusia seutuhnya maka bidang pendidikan yang tidak pernah mandeg itu memiliki posisi sangat strategis. Tetapi sebagai konsekuensinya, hal itu merupakan tantangan yang cukup berat bagi setiap warga Negara terutama yang secara langsung menangani bidang pendidikan ini. Diamanatkan oleh Pembukaan UUD 1945, bahwa kita harus mensejahterakan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Kemudian ditunjukkan oleh GBHN bahwa pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan ketrampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang mampu membangun dirinya sendiri dan bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
Untuk mencapai cita-cita tersebut bukan sesuatu yang ringan tetapi merupakan tanggung jawab yang sangat besar. Apalagi ditambah dengan timbulnya tantangan akibat dari dmnpak kemajuan teknologi yang amat pesat ini. Manusia harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan (dalam arti penyesuaian seeara aktif, tidak saja pasrah) dan mampu melanjutkan tugas pembangunan. Sehubungan dengan itu maka manusia, apalagi generasi muda dan mahasiswa senantiasa harus terus belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.