ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS’ PERSONALITY IN STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION TO UNDERSTAND CONCEPT OF SCIENCE
Memahami Konsep Sains. Penelitian ini ditujukan untuk menggali informasi
faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak usia sekolah dasar untuk
pemahaman konsep sains. Subjek penelitian adalah 26 anak SD kelas VI di SD
RSBI Banten dan guru yang membelajarkannya. Metode pengumpulan data
dengan angket tentang strategi motivasi belajar anak (MSLQ=Motivated Strategies
for Learning Questionaires), observasi kelas, dan wawancara terstruktur. Analisis
data dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang faktor-faktor yang mem-
pengaruhi motivasi belajar, dan cross-case analysis untuk setiap anak. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa setiap anak mempunyai faktor motivasi yang
berbeda dalam belajar sains. Kepribadian guru yang unik, seperti kedekatan serta
berusaha untuk memahami dan menghargai potensi anak didik dapat mening-
katkan motivasi anak belajar sains. Dapat disimpulkan bahwa di dalam proses
pembelajaran sains untuk perubahan konseptual, seorang guru sekolah dasar
harus memahami pentingnya faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi anak
untuk belajar, termasuk kepribadian yang dapat diterima, sehingga mereka dapat
mengikuti proses pembelajaran dengan lebih bermakna.
Katakunci: motivasi, pembelajaran konseptual, perubahan konseptual, pembelajaran sains, kepribadian guru
Barlia, L. (2010). ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS’ PERSONALITY IN STUDENTS’ LEARNING MOTIVATION TO UNDERSTAND CONCEPT OF SCIENCE. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.215
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.