PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, MORAL KERJA GURU, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SDN DI KOTA MERAUKE
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1869Abstract
Abstrak: Penelitian penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, moral kerja guru, dan kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru. Populasi penelitian meliputi 81orang guru sekolah dasar negeri di Kota Merauke. Tabel Krecjie digunakan sebagai pedoman untuk memilih sampel, yakni 69 orang guru, atau 85,19% populasi. Data penelitian yang terkait dengan variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah, moral kerja guru, kepuasan kerja guru, dan kinerja guru dijaring dengan menggunakan instrumen yang berupa kuesioner. Selajutnya, data dianalisis menggunakan path analysis dengan bantuan program komputer SPSS for Windows Release 15. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan manajerial kepala sekolah, moral kerja guru, dan kepuasan kerja guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Kata Kunci: kepemimpinan transformasional kepala sekolah, guru, kepuasan kerja guru, kinerja guru, moral kerjaDownloads
Published
2014-02-05
How to Cite
Werang, B. R. (2014). PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, MORAL KERJA GURU, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SDN DI KOTA MERAUKE. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1869
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.