PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SIMULASI DENGAN LATIHAN (DRILL) TERHADAP PENERAPAN PENGISIAN PARTOGRAF PADA MAHASISWA DIII KEBIDANAN

Triwik Sri Mulati, Kuswati ., Aprilinawati Sri Rejeki

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pengaruh metode pembelajaran simulasidengan latihan terhadap penerapan pengisian partograf pada mahasiswa DIII Kebidanan. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain randomized pretest posttest comparison group design dan metode analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon pada kelompok pretes-postesmasing-masing kelompok dan uji beda menggunakan uji U Mann-Whitney. Sampel dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa semester III Akbid Estu Utomo Boyolali sejumlah 90 orang, yang dibagidalam kelompok ekperimen (metode simulasi) sejumlah 45 orang dan pada kelompok kontrol (latihan)sebanyak 45 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok latihan (drill) dan kelompok simulasi dengan nilai z:-3,413 dan p value:0,001 (α=0.05), dimana kelompok simulasi lebih berpengaruh daripada kelompok latihan (drill). Kata Kunci: metode simulasi, metode latihan, pengisian partograf

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Printed ISSN (p-ISSN): 0216-1370 
Online ISSN (e-ISSN): 2442-8620
 

Our Journal has been Indexed by:

 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter