Science education in Malaysia: Challenges in The 21st Century
Downloads
Keywords: Science Education, Malaysian School, information technology
PENGAJARAN IPA DI MALAYSIA: TANTANGAN ABAD 21
Abstrak: Tulisan ini menganalisis perkembangan pengajaran IPA di sekolah Malaysia. Beberapa perubahan besar telah mengubah arah pengajaran IPA pada siswa-siswa di Malaysia selama 50 tahun terakhir. Perubahan dimulai dari perombakan kurikulum yang dilakukan negara-negara barat pada tahun 1960-an dan 1970-an. Pengenalan kurikulum yang didasarkan pada filosofi "˜child-centred' dikembangkan dan diterapkan pada 1980-an. Pentingnya teknologi informasi dan bahasa Inggris sebagai media instruksional menjadi karakteristik pada akhir 1900-an and 2000-an. Dampak dari metode internasional seperti TIMSS and PISA menjadi arah baru dalam pendidikan IPA. Dinamika pendidikan science di Malaysia menunjukan perkembangan yang menarik yang membuktikan bagaimana sistem pendidikan telah menghadapi tantangan dan tren.
Kata Kunci: pengajaran IPA, sekolah Malaysia , teknologi informasi
Sumintono, B. (2017). Science education in Malaysia: Challenges in The 21st Century. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(3). https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.16761
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.