PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SETS TERHADAP CROSS DISCIPLINARY KNOWLEDGE PESERTA DIDIK

Rini Budiarti,
Insih Wilujeng,
Jumadi Jumadi,
Senam Senam,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pembelajaran IPA berbasis SETS terhadap cross disciplinary knowledge peserta didik kelas VII SMP di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi SMP di kota Makassar yang menerapkan Kurikulum 2013. Sampel diambil sebanyak 3 sekolah yang dipilih berdasarkan stratifikasi sekolah dimana SMPN 12 Makassar mewakili sekolah kategori tinggi, SMP Islam Athirah Makassar mewakili sekolah kategori sedang, serta SMPN 3 Makassar mewakili sekolah kategori rendah. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol pada masing-masing sekolah dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes dengan bentuk soal pilihan majemuk beralasan. Analisis data menggunakan independent sample t- test serta uji U-mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sekolah SMP kategori tinggi dan sedang, capaian cross disciplinary knowledge kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran IPA berbasis SETS rata-rata lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran IPA konvensional, sedangkan pada sekolah kategori rendah capaian cross disciplinary knowledge kelompok eksperimen dan kontrol tidak berbeda secara signifikan.

Kata kunci: SETS, cross disciplinary knowledge


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
analytics
View Our Stats

Flag Counter