Pembelajaran make a match dan problem posing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kimia siswa

Seno Adhi Nugroho, Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 4D MA Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, pada materi pokok tata nama senyawa kimia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4D MA Muhammadiyah Yogyakarta. Sumber data berasal dari siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan make a match dan problem dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari jumlah 52,94% yang lulus pada siklus I meningkat menjadi 76% pada siklus II. Dengan target keberhasilan sebesar 75% dari jumlah anak, maka penelitian ini telah berhasil. Peningkatan ini dikarenakan dalam penggunaan make a match dan problem posing membantu siswa mengungkapkan persmasalaha yang ada dalam kartu, sekaligus siswa mencari jawaban dari setiap masalah dalam kartu tersebut

Keywords


Problem posing, make a match, PTK, kooperatif, berpikir kritis, tata nama senyawa kimia

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Azwar, S. 2015. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka belajar

Baladraf, Zulfikar. 2014. Penerapan Problem Posing Berbasis Cooperative Learning Pada Pembelajaran Sistem Pernapasan Di SMP 1 Weleri Kabupaten Kendal. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Johson. Elaine B. 2018. Contextual Teaching and Learning : Menjadikan kegiatan belajar Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa Learning

Lie, A. 2014. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas.Jakarta : PT Grasindo.Johnson

MR, M. I. F., & Widiastuti, A. (2024). ‪Pendidikan Sociopreneur Komunitas Muslim: Integrasi Nilai Islam dan Kewirausahaan Sosial‬. Yogyakarta: UNY Press.

P. A. Facione. 2020. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts J. Insight Assess 1–31

Rosli, Roslinda. 2014. The Effects of Problem Posing on Student Mathematical Learning: A Meta-Analysis. International Education Studies, Vol. 7, No. 13.

Rusman. 2018. Model-model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2018. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyaningsih, Febriyani. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Power Point Dilengkapi Lks Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Isomer dan Reaksi Senyawa Hidrokarbon Kelas X SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3 No. 2.

Wartini, Siti. 2014. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Hidrokarbon Dengan Make A Match (Mencari Pasangan) Siswa Kelas XF SMA Negeri 2 Cepu Semester Genap Tahun 2012/2013, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), ISBN : 979363174-0.

Widiastuti, Anik, and Moh Irsyad Fahmi MR. 2024. “Meningkatkan Sikap Peserta Didik Melalui Social Action Project dan Project Based Learning.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 14(2):107–18. doi: 10.24246/j.js.2024.v14.i2.p107-118.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i2.72307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats