EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TINY-SCANNER DALAM MODEL STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI.MIPA DI SMA NEGERI 9 YOGYAKARTA

Ati Lasmanawati, SMA Negeri 9 Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penggunaan Tiny-Scanner dalam model STAD pada penelitian ini dilakukan karena kurangnya pemanfaatan aplikasi gadget dalam mengefektifkan proses pembelajaran di kelas, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Penelitian jenis kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen design tipe posstest-only control design, dilakukan pada peserta didik kelas XI.MIPA-4 (kelas eksperimen) dan kelas XI.MIPA-5 (kelas kontrol) untuk materi Transformasi Geometri Tahun Pelajaran 2018/2019. Tahapan penggunaan aplikasi Tiny Scanner dalam model STAD, yaitu 1) persiapan; 2) penyampaian informasi; 3) organisir peserta didik; 4) pemberian tugas; 5) membantu kerja kelompok dalam belajar; 6) menguji materi; 7) kuis; dan 8) penghargaan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari lembar observasi, tes tertulis, dan tes praktek. Efektivitas penggunaan Tiny-Scanner dalam model STAD dilihat dari nilai rata-rata sikap peserta didik kelas eksperimen yang pada umumnya sudah mencapai predikat Sangat Baik (SB). Kompetensi pengetahuan nilai rata-ratanya sebesar 79,19 sudah melampaui KKM, dan nilai ini lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya sebesar 68,56. Capaian nilai rata-rata untuk kompetensi keterampilan sebesar 81,00 untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hanya sebesar 70,00. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada taraf kesalahan α = 5%, n1 = 35, n2 -= 34, dk1 = 34, dan dk2 = 33 dengan nilai uji rata-rata pada kompetensi pengetahuan (thitung) adalah 3,109 dan ttabel = 2,033. Karena nilai thitung > ttabel maka hasil ini uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan Tiny-Scanner dalam model STAD terhadap hasil belajar peserta didik di kelas XI.MIPA pada materi Transformasi Geometri Tahun Pelajaran 2018/2019.

Keywords


Tiny-Scanner; Model STAD; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Amazon. (1996 – 2018). “Tiny Scanner Pro – PDF Scanner to Scan Document, Receipt and Fax”. Dari: https://www.amazon.com/Tiny-Scanner-Pro-scanner-document/dp/B00FR88VTC. Diunduh Tanggal 12 November 2018.

Arend, R.I. (2008). Learning to Teach. Terjemahan Herly Prajitno S & Sri Mulyantini S). New York, NY: McGraw Hill Companies. (buku asli diterbitkan tahun 2007).

Insar Damopolii. (2017, Februari). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Pembelajaran Komik IPA Terpadu Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Makalah dipresentasikan dalam Simposium MIPA Universitas Negeri Makasar (UNM), Makasar.

Iriantara, Y. (2014). Komunikasi Pembelajaran: Interaksi Komunikasi dan Edukatif di Dalam Kelas. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013 (Suatu Pendekatan Praktis). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhajir Effendi. (2018, 22 Desember). Hidayatullah.com.: Matematika Kita Parah. Jakarta: Pelantikan Pengurus Besar (PB) Persatuan Pelajar Indonesia (PII) Periode 2017-2020 di Auditorium Indoensia.

Nawawi Hadari. (1998). Lingkungan Belajar. Dalam Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Mengajar di Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian

Purbasari, R.J., Kahfi, M.S., Yunus, M. (2012). Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Online Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang, Vol. 1, No. 2, Tahun 2012. Dari: https://jurnal-online.um.ac.id

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Dalam .

Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning: Teori, Risert, dan Praktik (Edisi Terjemahan). Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Paul. (1997). Kontruktivisme dalam Pendidikan. Dalam Heruman. (2010). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Remaja Rosda Karya: Bandung.

Soesmosamito, S. (1988). Dasar Proses dan Efektivitas Belajar Mengajar Penjas. Dalam Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Softonic. (1997 – 2018). “Tiny Scanner – PDF Scanner App”. Dari: https://tiny-scanner-pdf-scanner-app.id.softonic.com/android. Diunduh tanggal 12 November 2018.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Tran, D.V. (2013). “Effect of Student Teams Achievement Divison (STAD) on Academic Achievement, and Attitudes of Grade 9th Secondary School Student Toward Mathematics”. International Jurnal of Science (ISSN 2305 – 3925), Volume 2, Issue Apr 2013.

Uno, H.B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Zakaria, E, et al. (2010). “Effects of Coopeartive Leraning on Secondary School Students’ Mathematics Achievementt and Atitude Towards Mtahematics”. Journal of Social Science. Volume 6, Nomor 2, 98 – 100.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i1.26862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats