Analisis kesalahan bahasa surat dinas kelas VIII SMP 1 Kedawung Sragen tahun pelajaran 2013/2014

Anis Suwarti, SMP Negeri 1 Kedawung Kabupaten Sragen, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, menglasifikasi, dan mendeskripsikan, kesalahan kebahasaan pada surat dinas yang ditulis oleh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kedawung Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2013/2014. Kesalahan  meliputi (1) kesalahan penggunaan ejaan, (2) kesalahan penggunaan diksi, dan (3) kesalahan penggunaan kalimat.    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah naskah surat dinas yang ditulis oleh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kedawung Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2013/2014, sebanyak 128 surat. Teknik untuk pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara dibaca, diidentifikasi, digarisbawahi, dan dikelompokkan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: kesalahan penggunaan ejaan ada 751 yang yang meliputi kesalahan penulisan huruf ada 174, kesalahan penulisan  kata ada 417, dan kesalahan penulisan tanda baca ada 60. Kesalahan penggunaan diksi ada 33 yang meliputi ketidakbakuan diksi ada 3, ketidakkonsistenan diksi ada 11, ketidaktepatan diksi ada 12, dan kemubaziran diksi ada 7. Kesalahan penggunaan ada 20 terdiri atas: pemakaian kata penghubung ada 4, kekurangan unsur dalam kalimat ada 13, dan ketidaklogisan kalimat ada 3.

 

An analysis of language errors in official letters by grade VIII of SMP 1 Kedawung, Sragen in the academic of 2013/2014

 

Abstract

This study aims to find out, classify, and describe, language errors in official letters written by Grade VIII students of SMP Negeri 1 Kedawung, Sragen Regency, in the academic year of 2013/2014. The errors are (1) those in spelling use, (2) those in diction use, and (3) those in sentence use. This was qualitative descriptive study. The research subjects were official letters written by Grade VIII students of SMP Negeri 1 Kedawung, Sragen Regency, in the academic year of 2013/2014, with a total of 128 letters. The data were collected by means of the documentation method. The data analysis techniques were reading identifying, underlining, and grouping. Based on the result of the study, the following conclusions are drawn. First, the spelling errors in official letters by Grade VIII  students of SMP Negeri 1 Kedawung, Sragen Regency, in the academic year of 2013/2014 are as many as 751. There is 33 error in diction use, consisting of 3 error in the non-standard use of diction, 11 errors in the diction use inconsistency, 72 errors in the use diction use inaccuracy, and 7 errors in the redundancy. There are 20 errors in sentence use, consisting of 4 errors in conjunction use, 13 error in sentences with missing words, and  3 errors in illogical sentences.


Keywords


analisis; kesalahan bahasa; surat dinas; analysis; language errors; official letters

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Chaer, A. (2006). Tata bahasa praktis bahasa Indonesia.Jakarta: Rineka Cipta.

Darma, Y. A., & Kosasih, E. (2009). Menulis surat ddinas lengkap. Bandung: Yrama Widya.

Djadjasudarma, T. F. (1993). Metode linguistik ancangan metode penelitian dan kajian. Bandung: Eresco.

Ellis, R. (1999). Second language acquisition. New York: Oxsord University Press.

Fajar, M.N. (2009). Terampil menulis surat. Bandung: Puri Delco.

Hastuti, S. (1985). Permasalahan dalam bahasa Indonesia. Klaten: Intan.

Hastuti, S. (2003). Sekitar analisis kesalahan berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Kosasih, E. (2010). Bimbingan menulis karya ilmiah untuk siswa sma. Bandung: Pustaka Mulia.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morse, J. M. (1994). Critical issues in qualitative research methods. New Delhi: Sage.

Mulyana. (2005). Kajian wacana teori, metode, dan aplikasi. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Musaba, Z. (2012). Bahasa Indonesia untuk mahasiswa. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Mustakim. (1994). Membina kemampuan berbahasa. Jakarta: Gramedia.

Nurjamal, D., Sumirat, W., & Darwis, R. (2011). Terampil berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Pamungkas, S. (2012). Bahasa Indonesia dalam berbagai perspektif. Yogyakarta: Andi Offset.

Soedjito & Saryono, D. (2011). Seri terampil menulis: kosakata bahasa Indonesia. Malang: Aditya Media Publishing.

Sujanto, J. Ch. (1988). Keterampilan berbahasa membaca-menulis-berbicara untuk matakuliah umum bahasa indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Syahroni, N., Dewi, D. W. C., & Mahmudi. (2013). Bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Wijayanti, S. H., et.al, (2013). Bahasa Indonesia penulisan dan penyajian karya ilmiah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v4i1.13562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Anis Suwarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our Journal indexed by:

     


 Creative Commons License
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.

View My Stats