Kesalahan penggunaan bahasa Indonesia dalam karya tulis ilmiah mahasiswa KNB tahun akademik 2013/2014 di UNY
Nurhadi Nurhadi, Program Studi Linguistik Terapan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan bahasa Indonesia berdasarkan aspek ejaan, morfologis, dan sintaksis dalam karya tulis ilmiah mahasiswa KNB (Kemitraan Negara Berkembang) tahun ajaran 2013/2014 di Universitas Negeri Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 11 karya tulis ilmiah mahasiswa KNB di Universitas Negeri Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kesalahan pada aspek ejaan, meliputi (1) kesalahan pemakaian huruf, (2) kesalahan penulisan kata, (3) kesalahan tanda baca, dan (4) kesalahan penulisan unsur serapan. Total kesalahan ejaan adalah 601 kesalahan atau 23,15%. Kesalahan pada aspek morfologis, meliputi (1) kesalahan afiksasi, (2) kesalahan reduplikasi, (3) kesalahan pemajemukan, dan (4) kesalahan morfofonemik. Total kesalahan morfologis adalah 201 kesalahan atau 6,96%. Selanjutnya, kesalahan sintaksis meliputi (1) kesalahan subjek, (2) kesalahan predikat, (3) kesalahan objek, (4) kesalahan keterangan, (5) kesalahan pelengkap, (6) kesalahan subjek dan predikat, dan (7) kesalahan subjek dan objek. Total kesalahan sintaksis adalah 165 kesalahan Sementara itu, kesalahan yang dominan terjadi pada (1) tataran ejaan adalah pemakaian huruf, (2) tataran morfologis adalah kesalahan pada proses afiksasi, dan (3) tataran sintaksis adalah kesalahan subjek. Selain itu, jika dibandingkan antara ejaan, morfologis, dengan sintaksis, maka kesalahan yang dominan terjadi adalah pada tataran ejaan.
The errors in using Indonesian language in the scientific papers of KNB students of UNY in the academic year of 2013/2014
Abstract
This research aims to describe the errors in using the Indonesian language made by the KNB students of Yogyakarta State University in the academic year of 2013/2014 in their scientific papers, including the spelling, morphology, and syntax. This research was qualitative descriptive. The subjects of the research were 11 scientific papers of KNB students of Yogyakarta State University in the academic year of 2013/2014. The data collection technique was content analysis. The results of the research shows there are errors in spelling, including: (1) errors in using letters, (2) errors in writing words, (3) errors in punctuation, and (4) errors in writing loanwords. There are 601 spelling errors or 23.15% in total. Morphological errors include (1) errors in affixation, (2) errors in reduplication, (3) errors in plurality, and (4) errors in morphophonemics. There are 201 morphological errors or 6.96% in total. The syntactical errors include: (1) errors in subjects, (2) errors in verbs, (3) errors in objects, (4) errors in adverbs, (5) errors in complements, (6) errors in subjects and verbs, and (7) errors in subjects and objects. There are 165 syntactical errors. The dominant errors in (1) spelling are in using letters, (2) morphology is in affixation processes, and (3) syntax is in errors in subjects. In addition, if three types of errors are compared, the most dominant error is an error in spelling.
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Abushihab, I. (2014). An analysis of grammatical errors in writing made by turkish learners of english as a foreign language. International Journal of Linguistics, 6, 213-222.
Adib. (10 Juli 2012). Kehebatan bahasa Indonesia di Dunia. Suara Merdeka, hlm. 2. Diambil pada 10 Desember 2014, dari http://remaja.suara-merdeka.com./2014/02/27/kehebatan-bahada-indonesia-di-dunia-2/html.
Ali, B. (07 September 2012). Masihkah kita malu berbahasa Indonesia.. Kompasiana, hlm.2. Diambil pada 10 Desember 2014, dari http://m.kompa-siana.com./post/read/491050/2/masihkah-kita-malu-berbahasaindonesia.html.
Al-Badawi, K. (2012). An analysis of phonetic, morphological and syntactic errors in English: A case study of Saudi BA students at King Khalid University. International Journal of Social Science and Humanity, 2, 537.
Anjarsari, Suwandi & Mulyono. (2013). Analisis kesalahan pemakaian bahasa indonesia dalam karangan mahasiswa penutur bahasa asing di Universitas Sebelas Maret. Basastra, 2, 1, 5-6.
Ariningsih, N.E., Sumarwati, & Saddhono, K. (2012). Analisis kesalahan berbahasa indonesia dalam karangan eksposisi siswa sekolah menengah atas. BASASTRA, 1, 51.
Darsita, S. (2014). Penggunaan kalimat bahasa indonesia oleh mahasiswa penutur bahasa asing. Al-Turas, 20, 12.
Erdoģan, V. (2005). Contribution of error analysis to foreign language teaching, Mersin University Journal of the Faculty of Education, 1, 269-270.
Fanany, I. (2011). Pemberdayaan bahasa indonesia memperkukuh budaya bangsa dalam era globalisasi. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hasyim, S. (2002). Error analysis in the teaching of English. Keta, 4, 50.
Lestari, A.D. (2013). Analisis kesalahan ortografi pada karangan berbahasa Jawa ragam krama siswa kelas X TKR A SMK YPT Purworejo. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa Universitas Muham-madiyah Purworejo, 3, 31.
Nurgiyantoro, B. (2011). Penilaian otentik dalam pembelajaran bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sagarra, N. & Ellis, N.C. (2013). From seeing adverbs to seeing verbal morphology, language experience and adult acquisition of L2 tense. Studies in Second Language Acquisition, 35, 284-285.
Sattayatham, Anchalee, & Ratanapinyowong, P. (2008). Analysis of errors in paragraph writing in English by first year medical students from the four medical schools at Mahidol University. Silpakorn University International Journal, 8, 26-30.
Setyawati, N. (2010). Analisis kesalahan berbahasa indonesia, teori dan praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v4i1.13631
Refbacks
Copyright (c) 2017 Istiqamah Istiqamah, Nurhadi Nurhadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.