Pengaruh persepsi pembelajaran bola voli terhadap hasil belajar permainan bola voli kelas VIII di SMP Negeri 3 Samigaluh
Danang Pujo Broto, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ismail Gani, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Muhammad Sigit Antoni, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Persepsi peserta didik merupakan salah satu factor yang dipertimbangkan untuk optimalisasi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi dan hasil belajar permainan bola voli pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Samigaluh. Penelitian ini merupakan penelitian kunatitatif korelasional. Populasi dalam penelitian merupakan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Samigaluh dengan sampel sebanyak 30 peserta didik. Data diperoleh menggunakan teknik survei dengan instrument kuisoner tentang persepsi dan dokumentasi hasil belajar. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri Samigaluh dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Derajat hubungan kedua variabel dalam penelitian ini memiliki hubungan korelasi sempurna karena memiliki nilai Pearson Correlation sebesar 0,886. Penting meningkatkan persepsi peserta didik tentang permaian bola voli karena berdampak positif pada hasil belajar.
Abstract: Student perception is one of the factors considered to optimize learning outcomes. This study aims to determine the relationship between perception and learning outcomes of volleyball games in class VIII students at SMP Negeri 3 Samigaluh. This study is a quantitative correlational study. The population in the study were class VIII students at SMP Negeri 3 Samigaluh with a sample of 30 students. Data were obtained using a survey technique with a questionnaire instrument on perception and documentation of learning outcomes. Data analysis used the product moment correlation test. Based on the results of the study, it was found that there was a significant relationship between perception and learning outcomes of class VIII students at SMP Negeri Samigaluh with a significance value of 0.000 <0.05. The degree of relationship between the two variables in this study has a perfect correlation relationship because it has a Pearson Correlation value of 0.886. It is important to improve students' perceptions of the game of volleyball because it has a positive impact on learning outcomes
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Armstrong, N. (2020). The role of teacher support and peer interactions in physical education. Journal of Physical Education and Sport, 20(1), 15-21
Abdurrofi, M. (2021). Persepsi Siswa Kelas X Smk Dolopo Kabupaten Madiun Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pjok Di Sekolah. Jurnal Buana Pedagogi Olahraga, 1(1), 55–63. https://doi.org/10.36456/jbpo.v1i1.5197
Bhisma Bomantara Brierizky, D. C. K. (2020). Persepsi Siswa Tentang Variasi Permainan Terhadap Hasil Belajar Dribble. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8, 123–130.
Dornyei, Z. (2019). The influence of teaching quality and instructional methods on students' perceptions of learning outcomes. Language Teaching Research, 23(4), 494-510.
Fahrirozi, F., Mashuri, H., & ALLSABAH, M. A. H. (2021). Hubungan Persepsi, Motivasi, Minat Terhadap Hasil Belajar Pada Permainan Bola Voli Di Mi Nurul Hidayah Kutorejo Mojokerto. http://repository.unpkediri.ac.id/3162/
Firdaus, D. F. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sman 1 Kuningan. Jurnal Sintax Idea, 2(3), 12–17.
Keller, P., & Seaborn, D. (2021). Student perceptions and participation in physical education: Motivational outcomes. Journal of Educational Research, 114(3), 245-257.
Kusnadi, M. (2021). Evaluasi Hasil Belajar Bola Voli di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 17(4), 130-138.
Kustanti, S., & Hadiyanto, H. (2018). The relationship between students' perceptions of physical education and learning outcomes. International Journal of Educational Research, 4(2), 87-96.
Nurqaidah, S., & Hendra, A. (2020). Persepsi Siswa Tentang Efikasi Guru Dan Tingkah Laku Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 158–166. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.23
Pérez-Fernández, S., López-Morales, J., & Garcia-Ros, D. (2019). Social support and its influence on students' perceptions of learning and motivation. International Journal of Educational Psychology, 8(2), 215-228.
Rahmawati, A. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bola Voli Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(2), 115-123.
Santoso, T. (2018). Pengaruh Pengajaran Bola Voli Terhadap Peningkatan Keterampilan Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Olahraga, 15(2), 112-118.
Schneider, S., & Lazarus, H. (2020). The role of personal experience in shaping students' perceptions of learning. Educational Psychology Review, 32(4), 529-543.
Schwartz, S. (2019). The psychology of perception: How we see and interpret the world. Psychological Review, 126(4), 542-556.
Sebastian, D. R. (2022). Pengaruh Persepsi Siswa Atas Lingkungan dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 5057.
Siswanto, T. P. (2019). Persepsi Siswa Terhadap Model Pembelajaran Resiprokal pada Pembelajaran Servis Bawah Bola Voli di SMPN 1 Tirtajaya. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 2(2), 49–56.
Sulistyono, J. (2019). Hubungan Antara Motivasi Dan Persepsi Siswa Terhadap Guru Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmiah Penjas, 5(2), 1–10.
Suwarti, S. (2019). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Bola Voli di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 45-53
Tobias, S., & Fletcher, J. (2018). The role of cognitive and emotional factors in shaping students' perceptions of learning outcomes. Journal of Educational Psychology, 110(3), 345-358.
Wahyuningsih, R. (2019). Motivation and its influence on students' learning outcomes in volleyball. Journal of Educational Sports Studies, 14(1), 34-42.
Widiyatmoko, F. A., & Prabowo, F. K. A. (2019). Persepsi Dan Minat Siswa Sma Se-Kabupaten Jepara Terhadap Cabang Olahraga Woodball. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 8(2), 40–43. https://doi.org/10.15294/miki.v8i2.16833
Widyasto, E. S. (2018). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Kemampuan Mengajar Guru Penjas Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Atletik .Tugas Akhir Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v19i1.78215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.