Pengaruh Latihan Push-Up Terhadap Prestasi Tolak Peluru Gaya Ortodoks Pada Siswa Putra Di Kota Malang

Yani Sulis Tyoningsih, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta dan Keolahragaan, IKIP Budi Utomo, Malang, Indonesia
Nur Khozanah Ilmah, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta dan Keolahragaan, IKIP Budi Utomo, Malang, Indonesia
Farizha Irmawati, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta dan Keolahragaan, IKIP Budi Utomo, Malang, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Latihan Push-Up Terhadap Prestasi Tolak Peluru Gaya ortodoks Pada Siswa Putra Di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian One group Pre-Test Post-Test kuantitatif eksperiment. Dengan treatmen (Perlakuan) sebanyak 16 kali yang dimana dilakukan 2 kali dalam 1 minggu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas 7 dan kelas 8 di MTs Al-Azhar sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan data yaitu tes tolak peluru gaya ortodoks. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis paired sampel t-test yang sebelumnya telah melalui tahap uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung yaitu -535 dengan nilai signifikansi 0,596. Data yang diperoleh mempunyai hasil yang lebih besar dari nilai signifikansi atau nilai probability (p) lebih besar dari 0,05 (p>0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh yang bermakna latihan Push-Up terhadap prestasi tolak peluru gaya ortodoks pada siswa putra di Kota Malang

Abstract: The aim of this research is to determine the effect of push-up training on orthodox style shot put performance among male students in Malang City. This research is a one group Pre-Test Post-Test quantitative experimental research. With treatment (treatment) 16 times which is carried out 2 times in 1 week. The sample in this study was 30 male students in grade 7 and grade 8 at MTs Al-Azhar. The data collection technique is the orthodox style shot put test. The data analysis technique used is paired sample t-test analysis which has previously gone through the data prerequisite test stages, namely the normality test and homogeneity test. The research results obtained a calculated t value of -535 with a significance value of 0.596. The data obtained has results that are greater than the significance value or probability (p) value greater than 0.05 (p>0.05). Thus, it can be concluded that the hypothesis is rejected, meaning that there is no significant effect of Push-Up training on the orthodox style shot put performance of male students in Malang City.


Keywords


Shot Put; Push-Up; Tolak peluru

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, cv.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualtitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, cv.

Arifin, Z., Bumi, S. A., & Way, A. (n.d.). Metodologi penelitian pendidikan education research methodology.

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Kajian Pustaka & Pembahasan. VI.

Bareng, K., & Jombang, K. (2018). Meningkatkan Keterampilan Tolak Peluru …….. 1(September).

Brien, P. G. O. (2023). = 0.418 > r. 23(1), 1–11.

Cibro, D. S., Putri, A. P., Hutahaean, D. S. E., & Natser, R. A. (2023). Math in Motion : Exploring Sportsas a Context for Teaching Elementary Mathematics. 1(9), 339–342.

Coefficient, G. S. (2020). Pengembangan model permainan sepatu batok untuk pembelajaransepak bola pendidikan jasmani , olahraga dan kesehatan siswasekolah dasar abstrak pendahuluan Pendidikan jasmani , olahraga dan kesehatan pada hakekatnya adalah “ suatu proses pendidikan yang mem. 43–53.

Darmawan, I. (2017). Upaya meningkatkan kebugaran jasmani siswa melalui penjas. 7(2), 143–154.

Daulay, B., Keolahragaan, F. I., & Medan, U. N. (2019). Dasar dasar latihan dalam kepelatihan olahraga. 3(5), 42–48.

Dwi Cahyo, A., Ibtidiyah Negeri, M., & Utara, L. (2023). Upaya Penggunaan Audio Visual 26 Gerak. Journal of Physical Education, 3(1), 26–32.

Hasil, M., Lari, B., & Melalui, G. (2014). Metadata, citation and similar papers at core.ac.uk 1. 2, 1–14.

Hendra, A., & Hariyadi, K. (2020). Pengembangan Media Peluru Karkas (Karet Bekas) Dalam Pembelajaran Tolak Peluru di SDN 1 Kelutan. Penjaga : Pendidikan Jasmani & Olahraga, 1(1), 25–29.

Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67

Marpaung, J. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. 2(2), 13–17.

Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.950

Mustafa, P. S. (2021). Problematika Rancangan Penilaian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam Kurikulum 2013 pada Kelas XI SMA. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 184–195. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.947

Nugroho, R. A., Yuliandra, R., Gumantan, A., & Mahfud, I. (2021). Pengaruh Latihan Leg Press dan Squat Thrust Terhadap Peningkatan Power Tungkai Atlet Bola Voli. Jendela Olahraga, 6(2), 40–49. https://doi.org/10.26877/jo.v6i2.7391

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Penjualan, P. (2017). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan motor suzuki satria fu pada pt. Sunindo varia motor gemilang medan Esterlina Hutabarat. 3(1).

Sari, A. Q., Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Unnes Journal of Mathematics. 6(2), 168–177.

Sembiring, J., Helmi, B., Sihombing, H., Deli, M., & Utara, S. (2022). Jurnal dunia pendidikan. 2, 51–56.

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Siswa, P., Ips, K. X., & Sma, D. I. (2020). (0.450), maka rx 1 y > r. 1(2), 68–76.

Study, C., & Hardness, O. (2017). Studi Uji Kekerasan Rockwell Superficial VS Micro Vickers. 2(2).

Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303

Unib, F. (2015). Peran guru pendidikan jasmani dalam sistem. 11(April), 37–44.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Wahyu Cirana, Arif Rohman Hakim, & Untung Nugroho. (2021). Pengaruh Latihan Drill Smash Dan Umpan Smash Terhadap Keterampilan Smash Bola Voli Pada Atlet Putra Usia 13-15 Tahun Club Bola Voli Vita Solo Tahun 2020. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 7(1), 1–11. https://doi.org/10.36728/jip.v7i1.1381

Widya, A. D. I., Pendidikan, J., & Volume, D. (2019). No Title. April, 29–39.

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. 3(2), 96–102.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v20i1.65289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats