Survei Pemetaan Penelitian Mahasiswa Program Magister Prodi Ilmu Keolahragaan Konsentrasi Pendidikan Olahraga FIK UNY

Hedi Ardiyanto Hermawan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Yudanto Yudanto, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
Fathan Nurcahyo, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Matakuliah tugas akhir merupakan salah satu matakuliah yang sangat menuntutu kemandirian dan kompetensi mahasiswa. Makul Tugas akhir ini identic dengan penelitian dan pelaporannya. Adanya situasi semacam ini maka sangat diperlukan adanya survei tentang pemetaan tugas akhir mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan dan analisis tentang penelitian mahasiswa pada program magister Prodi ilmu keolahragaan konsentrasi pada pendidikan olahraga di FIK UNY. Penelitian ini merupakan penelitian deskrptif kuantitatif dengan pendekatan survey tentang studi kasus (casus study research) pemetaan penelitian mahasiswa. Instrumen dan pengumpulan data penelitian ini pedoman ceklist dan studi dokumentasi. Populasi dan sampel yang ditetapkan peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya dalam penelitian ini sebanyak 288 buah tugas akhir tesis dari mahasiswa Program Magister Prodi Ilmu Keolahargaan Konsentrasi Pendidikan Olaharaga FIK UNY. Teknik analisis data dilakukan secara analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian tentang pemetaan penelitian Mahasiswa Program Magister Prodi Ilmu Keolahragaan Konsentrasi Pendidikan Olahraga FIK UNY, sebagai berikut: 1) jenis penelitian didominasi penelitian research and developmet, sebanyak 123 atau 42,71 %, 2) subjek penelitian didominasi pada siswa sebanyak 164 atau 56,94 %, 3) tempat penelitian didominasi pada klub olahraga sebanyak 77 atau 26,74 %, dan 4) topik/kajian penelitian didominasi tentang metode/program latihan sebanyak 83 atau 28,82 %.

 

Abstract:

The final project course is one of the subjects that indeed requires the independence and competence of students. This final course is identical with research and its reporting. With this kind of situation, it is very vital to have a survey on mapping students' final assignments. This study aims to conduct mapping and analysis of student research in the master's program of the Sports Science Study Program with sports education concentration in Faculty of Sport Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY). This research is descriptive quantitative research with survey approach on case studies (case study research). Instrument and data collection of this research are checklist guidelines and documentation studies. The population and samples set by the researchers to study and then draw conclusions were 288 final theses from students of the Masters Program in Sport Science in Sport Education concentration FIK UNY. Data analysis was performed by descriptive quantitative analysis with percentages. The results on research mapping of the Sports Science Masters Program in Sports Education Concentration FIK UNY are as follows: 1) the type of research is dominated by research and development research, as many as 123 students or 42.71%, 2) research subjects are dominated by 164 students or 56, 94%, 3) the research location is dominated by sport clubs for 77 students or 26.74%, and 4) research topics/study are dominated by training methods/programs for 83 students or 28.82%.


Keywords


Survei Pemetaan Penelitian, Research Mapping Survey, Final Project

Full Text:

PDF

References


Amat Komari, Erwin Setyo K., Fathan Nurcahyo. (2012). Pemetaan Tugas Akhir Skripsi (TAS) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR). Proceding POMNAS 2013: UNY Yogyakarta.

Bonds-Raacke, J., & Raacke, J. (2014). Research Metods: Are You Equipped? In Kendall Hunt Publishing.

FIK. (2020). Renstra Fakultas Ilmu Keolahragaan Tahun 2020-2025. FIK UNY Yogyakarta.

Gulo W. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Hersey P. dan Blanchard K.H. (1988). Management of Organizational Behavior Utilizing Human Resource. Englewood Cliffs: Prentice Hall, Inc.

I Wayan Gunada, Ahmad Harjon, (2015). Analisis Pemetaan Penelitian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Fkip Universitas Mataram. Jurnal Pijar MIPA, 10 (1).

Muh. Nasir. (1999). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ngatman. (2000). Kriteria-kriteria Penyusunan Alat Evaluasi dalam Pengajaran Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK UNY.

Nunan, D. (2014). An Introduction to Research Metods and Traditions. Cambridge University Press, (1).

Rochiati Wiriaatmadja. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: PT. Grasindo.

Roger L. Luft. (2009). A Definition of Management Reseacrch. English IT Support Japan Helpdesk, Network Support Services Consulting & Project Management.

S. Margono. (1997). Pemetaan Bidang Kajian Penelitian Nasional. Jakarta: Depora.

Sriawan dan Nur Sita Utami. (2016). Pemetaan Penelitian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani Tahun 2013-2015. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(2).

Subyantoro. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

............... (2000). Metodologi penelitian untuk kalangan bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik) Edisi I. Yogyakarta: CV Balai Pustaka.

UNY. (2016). Rencana Induk Penelitian UNY 2016-2020. Yogyakarta: UNY

UNY. (2019). Pedoman Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: PPS UNY.

UNY. (2020). Renstra Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2020-2025. Yogyakarta: UNY

Yuriyuda. (2000). Langkah-langkah dan Prosedur Penelitian. Surabaya: CV. Mandar Jaya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v18i1.52363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats