Tingkat pemahaman siswa kelas V terhadap pembelajaran permainan net menggunakan media video di Sekolah Dasar

A Erlina Listyarini, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Jaka Sayidina Ali, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas V terhadap pembelajaran permainan net menggunakan media video di SD Negeri se-Dabin I Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri se-Dabin I Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo dengan jumlah 70 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Hasil uji coba validitas instrumen menunjukan 30 butir soal dinyatakan valid. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach’s sebesar 0,872. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas V terhadap pembelajaran permainan net menggunakan media video di SD Negeri se-Dabin I Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo dengan kategori sangat tinggi dengan frekuensi 19 siswa (27,14%), tinggi dengan frekuensi 17 siswa (24,23%), sedang dengan frekuensi 22 siswa (31,43%), rendah dengan frekuensi 10 siswa (14,30%), dan sangat rendah dengan frekuensi 2 siswa (2,90%).

 

Abstract: This research aims to determine the level of comprehension of the fifth grade students on the learning net games using video media in the elementary schools located in Cluster 1, Ngombol District, Purworejo Regency.This research was a descriptive quantitative study with a survey approach method. The research population was all fifth grade students in the elementary schools located in Cluster 1 Ngombol District, Purworejo Regency with a total of 70 students. The research instrument was a multiple choice test. The results of the test of the validity of the instrument showed that 30 items were declared valid. The instrument reliability test used Cronbach's Alpha formula of 0.872. The data analysis technique used the percentage analysis.The results show that the level of comprehension of fifth grade students towards the learning net games using video media in elementary schools located in Cluster 1, Ngombol District, Purworejo Regency is as follows:  in the very high level with a frequency of 19 students (27.14%), in the high level with a frequency of 17 students (24.23%), in the medium level with a frequency of 22 students (31.43%), in the low level with a frequency of 10 students (14.30%), and in the very low level with a frequency of 2 students (2.90%).

Keywords


permainan net, media video, understanding, fifth grade students, net games

Full Text:

PDF

References


Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Banyumas: CV. Pena Persada

Apriansyah M R, Sambowo K A, & Maulana A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 11.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Bina Aksara.

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineke Cipta.

Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Komari, A. (2014). Kemampuan Gerak Manipulatif Mahasiswa Peserta Perkuliahan Permainan Net Tahun Angkatan 2010. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10.

Pingge, H. D. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 2.

Rusman, Kurniawan D., Riyana C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Saryono & Rithaudin, A. (2011). Meta Analisis Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Taktik (TGFU) Terhadap Pengembangan Aspek Kognitif Peserta didik dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v18i1.51852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.

Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Stats