Analisis indeks Aiken untuk mengukur validitas isi instrumen komitmen tugas bermain sepakbola
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas isi instrumen komitmen tugas bermain sepakbola melalui analisis indeks Aiken. Subjek penelitian ini adalah dosen dan pelatih siswa SSO Real Madrid Fakultas Universitas Negeri Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah instrumen pengukuran komitmen tugas bermain sepakbola yang terdiri dari lima indikator, yaitu: 1) kapasitas untuk mendalami teknik dalam sepakbola yang ditekuni; 2) ketekunan menjalani pelatihan sesuai dengan program latihan; 3) daya tahan mental dalam berlatih dan berlaga; 4) keyakinan diri mampu; dan 5) dorongan untuk berprestasi. Pengukuran validitas instrumen menggunakan analisis Aiken yang melibatkan enam (6) orang rater sebagai penilai. Hasil penelitian adalah: 1) diperoleh validitas isi instrumen pengukuran komitmen tugas bermain sepakbola pada aspek kapasitas teknik diperoleh nilai terendah 0.83 dan tertinggi 0.88; pada aspek ketekunan diperoleh nilai terendah 0.83 dan tertinggi 0.88; pada aspek daya tahan mental diperoleh nilai terendah 0.83 dan tertinggi 0.88; pada aspek dorongan berprestasi diperoleh nilai terendah 0.83 dan tertinggi 0.88; dan pada aspek kapasitas teknik diperoleh nilai terendah 0.83 dan tertinggi 0.92.
Aiken index analysis to measure the validity of the content of the soccer-playing task commitment instrument
Abstract
The research intends to determine the content validity of the task commitment of playing football through an analysis of the Aiken index. Research subjects were lecturers and trainers of SSO Real Madrid students of the Faculty of Sport Sciences Universitas Negeri Yogyakarta. The instrument used was by measurement instrument of the commitment of playing football consisting of five indicators: (1) the capacity to explore the techniques in football that are occupied; (2) perseverance following training in accordance with the training program; (3) mental endurance in practising and competing; (4) confidence of being able; and (5) encouragement for achievement. Measurement of instrument validity used Aiken analysis involving six (6) raters as assessors. The research results are: (1) is obtained the content validity of the instrument measuring the task commitment of playing football on technique capacity aspect that is taken the lowest value 0.83 and the highest 0.88; in the perseverance aspect, the lowest value is 0.83 and the highest 0.88; in the mental endurance aspect, the lowest value is 0.83 and the highest 0.88; on the achievement encouragement aspects, the lowest value is 0.83 and the highest 0.88; and on the technique capacity aspect, the lowest value is 0.83 and the highest 0.92.
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Aiken, L. R. (1980). Content validity and reliability of single items or questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40(4), 955–959. https://doi.org/10.1177/001316448004000419
Anwar, Y. A. S., Junaidi, E., & Al Idrus, S. W. (2021). Pengembangan Rubrik keterampilan praktik dan sikap ilmiah pada praktikum biokimia: kajian validitas dan reliabilitas. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 121. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2347
Firmansyah, R., & Pramono, M. (2021). Analisis hubungan goal-setting terhadap motivasi berprestasi atlet. Jurnal Kesehatan Olahraga, 09(03), 291–300.
Retnawati, R. (2016). Validitas dan reliabilitas karakteristik butir (panduan untuk peneliti, mahasiswa, dan psikometrian). Parama Publishing.
Ibrahim, I., Gunawan, G., & Kosim, K. (2020). Validitas perangkat pembelajaran fisika berbasis model discovery dengan pendekatan konflik kognitif. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 214. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1878
Intan, T., & Isma, N. (2020). Representasi bromance dan maskulinitas dalam novel untuk dia yang terlambat gue temukan karya Esti Kinasih. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 12–26.
Iswanto, I. (2017). Analisis instrumen ujian formatif mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan tingkat SMP. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 13(2), 79–91. https://doi.org/10.21831/jpji.v13i2.20989
Kurniawati, K. (2021). Analisis validitas isi instrumen tes berpikir kritis ips kelas v sd kota yogyakarta. Pelita, 130–140.
Lia, R. M., Rusilowati, A., & Isnaeni, W. (2020). NGSS-oriented chemistry test instruments: Validity and reliability analysis with the Rasch model. Research and Evaluation in Education, 6(1), 41–50. https://doi.org/10.21831/reid.v6i1.30112
Pradana, Y. D., & Rachman, H. A. (2021). Pendekatan bermain, intruksi langsung, dan motivasi: Adakah pengaruh keterampilan peserta ekstrakurikuler sepakbola SMA ? Playing approach , direct instruction , and motivation : Is there effect of SMA football extracurricular skills ? Journal Sepakbola, 1(1), 8–15.
Purnomo, A., & Irawan, F. A. (2021). Analisis kecepatan dan kelincahan dalam menggiring bola pada tim futsal. Sepakbola, 1(1), 1–7.
Razali. (2005). Psikologi pendidikan. PTS. Internasional.
Renzulli. J. S., Rizza, M. G., & Smith, L. H. (2002). Learning styles inventory-version III: A measure of student preferences for instructional techniques. Technical and administration manual. Mansfield Center: Creative Learning Press.
Silitonga, H. T. M., Oktavianty, E., Hamdani, H., & Dendodi, D. (2021). Profil konsepsi siswa pada materi energi berdasarkan analisis four-tier diagnostic test. Variabel, 4(1), 34. https://doi.org/10.26737/var.v4i1.2545
Soewarno, S. (2001). Sepakbola: gerakan dasar dan teknik dasar. FIK UNY.
Sutisna, S. (2010). Perbedaan kecemasan dalam menghadapi ujian antara siswa program reguler dengan siswa program akselerasi. (Medan: Fakultas Psikologi Universitas SumateraUtara).
Tomoliyus, T., & Sunardianta, R. (2020). Validity and reliability of reactive agility test instrumens table tennis. Jurnal Keolahragaan UNY, 8(2), 148–157.
Yahya. (2004). Membentuk identitas remaja. PT S. International.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v17i1.38777
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.