Pembelajaran TerpaduMata Pelajaran Pendidikan Jasmanidi Sekolah Dasar
Abstract
Tulisan ini berawal dari kenyataan bahwa pembelajaran pendidikan disekolah dasar mempunyai banyak kendala-kendala. Pendidikan jasmani masihdianggap mata pelajaran yang kurang penting dibandingkan dengan mata pelajaranlainnya. Pendidikan jasmani di sekolah dasar mempunyai alokasi jam pelajaranyang masih kurang. Pembelajaran pendidikan jasmani masih cenderungmembosankan dan lebih mengarah pada penguasaan keterampilan. Di sisi lainpembelajaran di Sekolah Dasar secara umum kurang memperhatikan pertumbuhandan perkembangan siswa. Sehingga pembelajaran di sekolah lebih cenderung kurangmenyenangkan dan tidak sesuai dengan kebutuhan anak sehingga diperlukan sebuahpembelajaran dengan pendekatan yang melibatkan semua aspek siswa.Pembelajaran terpadu merupakan sebuah wacana yang sudah diimplikasikanbeberapa tahun ini. Keberadaan pembelajaran terpadu memberikan angin segar padakerangka berpikir para guru sekolah dasar dalam inovasi pembelajarannya. Pendidikanjasmani sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah dasar dapat menggunakanpembelajaran terpadu sebagai jalan mengurangi berbagai kekurangan dalampembelajaran pendidikan jasmani. Pembelajaran terpadu pendidikan jasmani dapatberupa perpaduan dua atau lebih materi-materi yang ada dalam pendidikan jasmani,yang direalisasikan dalam suatu pembelajaran. Pembelajaran terpadu pendidikanjasmani dalam pendidikan jasmani dapat juga berupa perpaduan dua atau lebihmateri-materi pendidikan jasmani dengan materi-materi mata pelajaran yang lain,seperti: Matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, Sains, PengetahuanSosial, dan Kerajinan Tangan dan Kesenian. Pembelajaran terpadu didasarkan padakurikulum berbasis kompetesi tahun 2004, baik dari segi standar kompetensinya,indikatornya, maupun, hasil belajarnya.Pembelajaran terpadu merupakan inovasi pembelajaran yang sesuai dengankurikulum berbasis kompetensi tahun 2004. pembelajaran terpadu melibatkanpengembangan semua aspek siswa sehingga sejalan dengan tujuan pendidikannasional yaitu manusia utuh. Pembelajaran terpadu pendidikan jasmani memberikansuatu pemecahan berbagai masalah yang timbul selama ini mengenai pembelajaranpendidikan jasmani di sekolah dasar.Kata kunci : Pembelajaran, Terpadu, Pendidikan Jasmani.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpji.v1i1.2844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji.