PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI FUNCTIONAL TEXT BAGI SISWA SMPN 3 KALASAN
Christina Ismaniati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran Bahasa Inggris materi functional text dengan pendekatan komunikatif yang layak bagi siswa kelas VII SMP N 3 Kalasan Yogyakarta, serta mengetahui keefektifan produk multimedia pembelajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan komunikatif yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development, R&D). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran Bahasa Inggris materi functional text dengan pendekatan komunikatif yang layak bagi siswa kelas VII SMP yang dikemas dalam sebuah CD. Produk yang dihasilkan layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan siswa. (2) Produk multimedia pembelajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan komunikatif bagi siswa kelas VII SMP N 3 Kalasan ini efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran materi functional text. Peningkatan skor postes siswa setelah menggunakan produk multimedia pembelajaran bahasa Inggris sebesar 64.5% dengan nilai (N-gain) 0.74 dan ketuntasan belajar siswa (KKM) sebesar 93.5%. Sedangkan kelas sebelum menggunakan produk multimedia pembelajaran bahasa Inggris memiliki nilai (N-gain) siswa sebesar 0.33 dan ketuntasan belajar siswa (KKM) sebesar 29.03%.
Keywords
multimedia bahasa inggris; pendekatan komunikatif
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7602
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Siti Niah, Christina Ismaniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics