Sundanese ethnoastronomy-based astronomy bulletin as an alternative to astronomy learning: A feasibility test
Tsania Nur Diyana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, S. R., Safitri, N. A. W., & Setiaji, B. (2022). BUKA FENAM (buletin fisika fenomena alam) sebagai alternatif untuk meningkatkan minat baca: Sebuah uji kelayakan. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 2(2), 169–179. http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v2i2.1935
Arsanty, V. N., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran STS dalam peningkatan penguasaan materi dan pencapaian kreativitas peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1). https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/article/view/6911
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajran IPA terpadu. Al-Biruni: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v5i1.100
Britto, J. de. (2022). Selamat! inilah daftar lengkap pemenang OSN tingkat kabupaten/kota (OSN-K) jenjang SMA/MA 2022. KalderaNews, 1. https://www.kalderanews.com/2022/06/selamat-inilah-daftar-lengkap-pemenang-osn-tingkat-kabupaten-kota-osn-k-jenjang-sma-ma-2022/
Budiarti, L. (2022). Meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas ix melalui penerapan model pembelajaran teams games tournaments pada materi sistem reproduksi manusia. JSSAH: Journal of Social, Studies, Arts and Humanities, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.33751/jssah.v2i1.5052
Cotte, M. (2016). What makes astronomical heritage valuable? identifying potential outstanding universal value in cultural properties relating to astronomy. Proceedings of the IAU, 93–96. https://doi.org/10.1017/S1743921316002465
Elzulfiah, R., Mahanti, D. E., Ramadhan, F., & Nasbey, H. (2015). Kajian perkembangan pendidikan astronomi untuk SMA di Indonesia. E-Jurnal Prosiding Seminar Nasional Fisika UNJ, 4(1), 37–42. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5023
Fahrozy, F. P. N., Nurdin, A. A., & Hadiansyah, Y. (2022). Analisis unsur kearifan lokal dalam pembentukan karakter siswa di sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(2), 237–254. https://doi.org/10.32507/attadib.v6i2.1255
Firman. (2018). Ilmu pengetahuan, teori dan penelitian. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/328430251_ILMU_PENGETAHUAN_TEORI_DAN_PENELITIAN
Hikmatiar, H., Khusnani, A., Jufriansyah, A., & Hikmah, F. N. (2023). Stellarium sebagai media pengamatan astronomi: Respon siswa suku sikka krowe kelurahan Waipare. Berkala Fisika Indonesia: Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran Dan Aplikasinya, 14(1), 19–26. http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v14i1.24240
Istiqomah, A. D. R., & Trilaksana, A. (2022). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis platform learning Edmodo terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia Kelas X MIA 1 SMA Labschool UNESA, Surabaya. Avatara:E-Jurnal Pendidikan Sejarah, 12(1), 1–13. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/45290
Latifah, S. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berorientasi nilai-nilai agama islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor. Al-Biruni: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 43–51. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v5i1.104
Listianingsih, Ajri, A. S., & Setiaji, B. (2022). Pengembangan physics SSP model discovery learning berbantuan Edmodo untuk meningkatkan minat belajar siswa: Uji kelayakan. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 67–74. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i2.8173
Mikraj, A., Utami, L. S., & Zulkarnain. (2019). Pengaruh buletin fisika berbentuk buku saku untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 2 Bima kelas x materi hukum newton tahun pelajaran 2018/2019. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 7–14. https://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/894
Paramitasari, W., Permana, H., & Nasbey, H. (2023). Video animasi materi gerak parabola berbasis problem based learning dilengkapi dengan PHET simulation. E-Jurnal Prosiding Seminar Nasional Fisika UNJ, 11(1), 81–88. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF12
Permana, A. (2021). Etnoastronomi, ilmu astronomi lewat pendekatan budaya dan kearifan lokal. Institut Teknologi Bandung, 1. https://www.itb.ac.id/berita/detail/58036/etnoastronomi-ilmu-astronomi-lewat-pendekatan-budaya-dan-kearifan-lokal
Pratiwi, N. (2021). Network for astronomy School education for Indonesian teachers. Institut Teknologi Bandung. https://www.as.itb.ac.id/astroedu70/wp-content/uploads/sites/12/2022/05/Prosiding_SPA2021_Pratiwi_dkk.pdf
Putri, N. P. (2019). Media luar ruang di Pacitan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Abdimas 2019, 120. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1270/5/2. Pembelajaran Problem B.....pdf
Putri, N. R., Kurniawan, E. S., & Fatmaryanti, S. D. (2015). Pengembangan buletin pembelajaran fisika pokok bahasan gerak melingkar pada siswa Kelas X IPA SMA Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 6(1), 24–29. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/274
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suherman, R. P. (2017). Perancangan informasi etno-astronomi sunda melalui video motion graphic [Universitas Komputer Indonesia]. https://repository.unikom.ac.id/57431/
Utami, R. A., Rohmadi, M., & Septiana, N. (2022). Pengembangan media pembelajaran fisika berbentuk buletin pada materi usaha dan energi di SMA Negeri 2 Laung Tuhup. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 2(1), 126–132. http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v2i1.1352
Venia, S. (2020). Etnoastronomi masyarakat nelayan di Desa Bonang Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang [Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang]. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15945/1/SKRIPSI_1602046117_SUSAN_VENIA.pdf
Wahyuni. (2019). Pengembangan buletin pembelajaran fisika materi tata surya peserta didik Kelas VII MTs DDI Seppong Kabupaten Majene [UIN Alauddin Makassar]. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/14873/1/WAHYUNI 20600115006.pdf
Wahyuningsih, A. N. (2011). Pengembangan media komik bergambar materi sistem saraf untuk pembelajaran yang menggunakan strategi PQ4R. JPP, 1(2), 102–110. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpppasca/article/view/1533
Wiguno, P. S., Kusmana, S., Wilsa, J., & Al’Aiman, M. N. (2021). Pengembangan bahan ajar teks surat untuk SMP dari surat-surat di lingkungan siswa. Jurnal Tuturan, 10(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.33603/jt.v10i1.5238
Wijayanti, R., Hasan, B., & Loganathan, R. K. (2018). Media comic math berbasis whiteboard annimation dalam pelajaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 53–63. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.19207
Wulandari, S. (2020). Media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat siswa belajar matematika di SMP 1 Bukit Sundi. IJTIS: Indonesia Journal Technology, Informatics and Science, 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v10i3.57059
Refbacks
Copyright (c) 2023 Salsabila Husna, Tsania Nur Diyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics