Analysis of needs for development of earthquake disaster mitigation animation videos for disabilities elementary school children
Ika Candra Sayekti, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Siti Azizah Susilawati, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Dias Aziz Pramudita, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abriansyah, G. P., Apsari, N. C., & Mulyana, N. (2019). Penyandang disabilitas dalam dunia kerja. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(3), 234. https://doi.org/10.24198/focus.v1i3.20499
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model R&D. JIPP : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403
Ananda, R. (2017). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149
Assyifa, F. N., Rohita, & Nurfadilah. (2020). Pengaruh video pembelajaran interaktif mengenal warna terhadap kemampuan kognitif anak. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 137–146. https://doi.org/10.21009/JIV.1502.5
Astara, A. ., & Hafida, S. H. N. (2021). Implementasi pendidikan pengurangan risiko bencana gempa bumi: Systematic review [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/90664/1/Araa Reda_Artikel Nakah Publikasi.pdf
Boon, H., Brown, L., & Pagliano, P. (2014). Emergency planning for students with disabilities: A survey of Australian schools. Australian Journal of Emergency Management, 29(1), 5. https://knowledge.aidr.org.au/resources/ajem-jan-2014-emergency-planning-for-students-with-disabilities-a-survey-of-australian-schools/
Farista, R., & M, I. A. (2018). Pengembangan video pembelajaran. School of Electronics and Computer Science Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689–1699. http://eprints.umsida.ac.id/1267/1/ICT Video.pdf
Hayati, A., Bararatin, K., Rizqiyah, F., Defiana, I., & Erwindi, C. (2021). Mitigasi bencana bagi masyarakat penyandang disabilitas. SEWAGATI, 5(3), 286–294. https://doi.org/10.12962/j26139960.v5i3.62
Indriani, S., & Marlina, M. (2020). Persepsi mahasiswa reguler dan disabilitas terhadap layanan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Jurnal Basicedu, 4(4), 1438–1445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.581
Izza, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Adobe After Effect materi siklus hidrologi mata pelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 1 Tawangsari Kabupaten Sukoharjo [Universitas Negeri Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/70337
Kurniawan, R., Mahtarami, A., & Rakhmawati, R. (2017). GEMPA : Game edukasi sebagai media sosialisasi mitigasi bencana gempa bumi bagi anak autis. JNTETI: Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 6(2), 10. https://journal.ugm.ac.id/v3/JNTETI/article/view/2853
Mursita, R. A. (2015). Respon tunarungu terhadap penggunaan Sistem Bahasa Isyarat Indonesa (SIBI) dan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) dalam komunikasi. INKLUSI, 2(2), 221. https://doi.org/10.14421/ijds.2202
Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2018). Pengembangan video pembelajaran IPA pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 108–114. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825
Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas komunikasi guru terhadap motivasi belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan media video animasi pada pembelajaran siswa kelas IV di sekolah dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20257
Prahara, A., Anwar, N., & Rochmah, N. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran dan media presentasi bagi guru di BKS Umbulharjo. http://eprints.uad.ac.id/32786/1/2021 PPM Reguler Adhi Prahara Revisi.pdf
Prawindia, L., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2016). Pengembangan bahan ajar geografi struktur buku Cambridge fundamentals of geography untuk kelas XI SMA/MA materi sebaran barang tambang. Jurnal Pendidikan Geografi, 21(1), 53–62. https://doi.org/10.17977/um017v21i12016p053
Rizky, U. F. (2014). Identifikasi kebutuhan siswa penyandang disabilitas pasca sekolah menengah atas. IJDS Indonesian Journal of Disability Studies, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2014.01.01.07
Rosantiana, N. M. (2016). Penerapan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada pembelajaran PKn di SMP Muhammadiyah 4 Semarang. [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/27527/1/3301412037.pdf
Siregar, J. S., & Wibowo, A. (2019). Upaya pengurangan risiko bencana pada kelompok rentan. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 10(1), 30–38. https://perpustakaan.bnpb.go.id/jurnal/index.php/JDPB/article/view/129/99
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter tanggung jawab siswa kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v10i2.51885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Adik Ismail, Ika Candra Sayekti, Siti Azizah Susilawati, Dias Aziz Pramudita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics