Pengembangan worksheets interaktif berbasis web dengan video pada materi pecahan
Hella Jusra, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
Abstract
Penelitian ini didasari pada isu-isu yang muncul di sekolah dasar seperti banyak dari peserta didik yang belum dapat memahami, membedakan, dan mengoperasikan bilangan-bilangan dari pecahan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan worksheets interaktif dengan liveworksheets yang dapat membantu pola berpikir peserta didik dalam memahami materi pecahan dan dapat melatih keterampilan peserta didik dalam bidang teknologi. Selain itu, worksheets interaktif ini juga dapat bermanfaat bagi guru untuk melatih kreativitas. Prosedur dalam penelitian ini ialah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Berdasarkan hasil uji kelayakan oleh 2 pakar materi mendapat persentase skor 78,88% dengan kategori layak, uji yang dilakukan oleh 2 pakar media mendapat persentase skor 81,25% dengan kategori sangat layak, dan perolehan tanggapan 28 peserta didik kelas V sebesar 95,61% dengan kategori sangat layak serta rata-rata perolehan nilai peserta didik sebesar 86,74. Dapat disimpulkan worksheets interaktif ini layak untuk digunakan, dapat digunakan dimana pun, dan worksheets interaktif dapat menjadi alternatif Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam bentuk daring.
This study is based on issues that arise in elementary schools, such as many children's inability to understand, recognize, and operate numbers and fractions. This study aims to create live worksheets to help students comprehend fractions while teaching them technology skills. In addition, these interactive worksheets can also be helpful for teachers to practice creativity. Research and Development (R&D) with the ADDIE model was employed in this work. The validation test by two material experts yielded a percentage score of 78.88% on decent criteria. The validation test by two media experts failed a percentage score of 81.25% on every proper criterion. The percentage score of 28 students in class V was 95,6% on excellent standards, with an average score of 86.74. As a result, worksheets are appropriate for usage, may be utilized anywhere, and can be used as a substitute for the Student Worksheet in the online form.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, D. M., & Astuti, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem-based Learning (PBL) pada topik sudut. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 190–200. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.36444
Acosta, L. C. (2020). Development and assessment of self-paced module for grade 7 science cum worksheets. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 10(7), 8–23. https://doi.org/10.29322/ijsrp.10.07.2020.p10303
Aliustaoğlu, F., Tuna, A., & Biber, A. Ç. (2018). Misconceptions of sixth grade secondary school students on fractions. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(5), 591–599. https://doi.org/10.26822/iejee.2018541308
Asfar, A. M. I. T., Ahmad, M. A., & Gani, H. A. (2021). MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, EXTENDING, REVIEW Tiga Fase Efektif Optimalkan Kemampuan Penalaran. Media Belajar Indonesia.
Azizah, Z. F., Kusumaningtyas, A. A., Anugraheni, A. D., & Sari, D. P. (2018). Validasi preliminary product Fung-Cube pada pembelajaran fungi untuk siswa SMA. Jurnal Bioedukatika, 6(1), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i1.7364
Datuk, A., & Arifin, A. (2020). Tantangan dunia pendidikan di Nusa Tenggara Timur dalam menyikapi era disrupsi & era new normal. Prosiding Seminar Nasional IKIP BUDI UTOMO, 1(91), 563–572.
Heruman. (2013). Model pembelajaran matetamatika di sekolah dasar. Remaja Rosdakarya.
Julianti, D. P., & Sumarmin, R. (2018). The development of student worksheet based on scientific approach on environmental pollution topic for junior high school student grade VII. International Journal of Progressive Science and Technologies (IJPSAT), 10(1), pp 11-18.
Kara, F., & Incikabi, L. (2018). Sixth grade students’ skills of using multiple representations in addition and subtraction operations in fractions. International Electronic Journal of Elementary Education, 10(4), 463–474. https://doi.org/10.26822/iejee.2018438137
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi web live worksheet berbasis problem based learning dalam pembelajaran matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193
Kusrianto, A. (2007). Prasentasi Sukses dengan PowerPoint. PT. Alex Media Komputindo.
Nadifatinisa, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172
Putra, H. K. (2021). Monograf model multimedia interaktif untuk meningkatakan pemahaman dan daya tarik pembelajaran. Lakeisha.
Putri, D. P., Ferdianto, F., & Fauji, S. H. (2020). Designing a digital teaching module based on mathematical communication in relation and function. Jurnal on Mathematics Education, 11(2), 223–236.
Roesslein, R. I., & Codding, R. S. (2019). Fraction interventions for struggling elementary math learners: A review of the literature. Psychology in the Schools, 56(3), 413–432. https://doi.org/10.1002/pits.22196
Sari, B. K. (2017). Desain pembelajaran model ADDIE dan impelentasinya dengan teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 87–102. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/432
Stohlmann, M., Yang, Y., Huang, X., & Olson, T. (2019). Fourth to sixth grade teachers invented real world problems and pictorial representations for fraction division. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(1), 1–16. https://doi.org/10.29333/iejme/5939
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
U.S Department of Education. (2008). The final report of the national mathematics advisory panel. Foundations, 37(9), 645–648.
Widiyani, A. dan P. P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. Jurnal Riset Pedagogik, 5, 1–23.
Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan penyelesaian masalah lingkungan sekitar peserta didik di sekolah dasar. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204.
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v9i2.51318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hella Jusra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics