ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS PERSONALITY IN STUDENTS LEARNING MOTIVATION TO UNDERSTAND CONCEPT OF SCIENCE
Abstract
Abstrak: Kepribadian Guru Sekolah Dasar dan Motivasi Belajar Siswa untuk
Memahami Konsep Sains. Penelitian ini ditujukan untuk menggali informasi
faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak usia sekolah dasar untuk
pemahaman konsep sains. Subjek penelitian adalah 26   anak SD kelas VI di SD
RSBI Banten dan guru yang membelajarkannya. Metode pengumpulan data
dengan angket tentang strategi motivasi belajar anak (MSLQ=Motivated Strategies
for Learning Questionaires), observasi kelas, dan wawancara terstruktur. Analisis
data dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang faktor-faktor yang mem-
pengaruhi motivasi belajar, dan cross-case analysis untuk setiap anak. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa setiap anak mempunyai faktor motivasi yang
berbeda dalam belajar sains. Kepribadian guru yang unik, seperti kedekatan serta
berusaha untuk memahami dan menghargai potensi anak didik dapat mening-
katkan motivasi anak belajar sains. Dapat disimpulkan bahwa di dalam proses
pembelajaran sains untuk perubahan konseptual, seorang guru sekolah dasar
harus memahami pentingnya faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi anak
untuk belajar, termasuk kepribadian yang dapat diterima, sehingga mereka dapat
mengikuti proses pembelajaran dengan lebih bermakna.Â
Â
Katakunci: motivasi, pembelajaran konseptual, perubahan konseptual, pembelajaran sains, kepribadian guru
Memahami Konsep Sains. Penelitian ini ditujukan untuk menggali informasi
faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak usia sekolah dasar untuk
pemahaman konsep sains. Subjek penelitian adalah 26   anak SD kelas VI di SD
RSBI Banten dan guru yang membelajarkannya. Metode pengumpulan data
dengan angket tentang strategi motivasi belajar anak (MSLQ=Motivated Strategies
for Learning Questionaires), observasi kelas, dan wawancara terstruktur. Analisis
data dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang faktor-faktor yang mem-
pengaruhi motivasi belajar, dan cross-case analysis untuk setiap anak. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa setiap anak mempunyai faktor motivasi yang
berbeda dalam belajar sains. Kepribadian guru yang unik, seperti kedekatan serta
berusaha untuk memahami dan menghargai potensi anak didik dapat mening-
katkan motivasi anak belajar sains. Dapat disimpulkan bahwa di dalam proses
pembelajaran sains untuk perubahan konseptual, seorang guru sekolah dasar
harus memahami pentingnya faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi anak
untuk belajar, termasuk kepribadian yang dapat diterima, sehingga mereka dapat
mengikuti proses pembelajaran dengan lebih bermakna.Â
Â
Katakunci: motivasi, pembelajaran konseptual, perubahan konseptual, pembelajaran sains, kepribadian guru
DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Â
Social Media:
Â
Â
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.
Â