KENDALA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI BAGI SISWA SD, GURU, DAN ORANGTUA

Authors

  • Endah Retno Hutami

DOI:

https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40706

Keywords:

Pembelajaran Jarak Jauh, Masa Pandemic, Siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kendala pelaksanaaan pembelajaran jarak jauh bagi siswa SD pada masa pandemi COVID-19 dan sisi-sisi positifnya sebagai penyeimbang analisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dijaring dengan teknik eksploratif, dengan mewawancarai perwakilan dari guru-guru dan wali murid. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dialami oleh murid, guru, dan orang tua, yaitu keterbatasan media, penguasaan teknologi yang masih kurang, penambahan biaya kuota internet, tambahan pekerjan orang tua dalam pendampingan belajar anak, komunikasi dan sosialisasi antara siswa, guru, dan orang tua menjadi berkurang, dan durasi kerja guru menjadi tidak terbatas. Walaupun demikian, fenomena ini memiliki sisi-sisi positif, yakni siswa menjadi semakin mandiri, serta kekompakkan diantara siswa, orangtua, dan guru semakin terbentuk.

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Hutami, E. R. (2021). KENDALA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI BAGI SISWA SD, GURU, DAN ORANGTUA. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40706