PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40704Keywords:
Motivasi dan Prestasi Belajar, Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Ilmu Pengetahuan SosialAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas V SDN 2 Pandak Korwilcam Dindik Baturraden yang berjumlah 22 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam penguasaan materi pelajaran yang telah diberikan, pada setiap akhir siklus diadakan evaluasi dengan menggunakan tes tertulis yang terdiri dari 10 butir soal Isian dan 5 butir soal uraian, sedangkan untuk mengetahui seberapa besar motivasi siswa dalam pembelajaran IPS, siswa diminta mengisi angket pada setiap akhir siklsus. Hasil penelitian pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.diantaranya (1) hasil tes menunjukan peningkatan nilai rata-rata kelas ,(2) persentase siswa yang mencapai nilai KKM yang di tetapkan meningkat;(3)respons siswa terhdap pembelajaran IPS tentang Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dengan Model NHT dalam kategori baik.Downloads
Published
																			2021-03-01
																	
				How to Cite
Komala Sudarnoto, L. D. (2021). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA SISWA KELAS V. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40704
Issue
Section
								Articles
							
						License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
						


 Focus and Scope
Focus and Scope Editorial Team
Editorial Team Reviewer Team
Reviewer Team Section Policies
Section Policies Peer Review Process
Peer Review Process Publication Frequency
Publication Frequency Open Access Policy
Open Access Policy Plagiarism Policy
Plagiarism Policy Indexing & Abstractions
Indexing & Abstractions Publication Ethics
Publication Ethics Copyright & License
Copyright & License Article Processing Charge
Article Processing Charge
 Contact
Contact
