Analisis Pengaruh Rebranding Gedung dan Service Excellent Terhadap Citra Positif PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung KCP Kota Agung
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v20i2.68483Keywords:
Rebranding Gedung, Service Excellent, Citra Positif, PT Bank Pembangunan Daerah LampungAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya rebranding gedung dan service excellent dalam rangka meningkatkan citra positif perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Rebranding Gedung dan Service Excellent Terhadap Citra Positif PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung Kantor Cabang Pembantu Kota Agung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey, pengumpulan data penelitian dengan menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung Kantor Cabang Pembantu Kota Agung. Sampel Penelitian ini berjumlah 100 orang nasabah yang dipilih dengan cara purposive sampling berdasarkan database nasabah. Instrumen yang digunakan telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, angket, dan wawancara. Data yang terkumpul di analisis dengan uji asumsi klasik dan uji regresi. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Terdapat Pengaruh yang Positif dan Signifikan Rebranding Gedung Terhadap Citra Positif PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung Kantor Cabang Pembantu Kota Agung, 2) Terdapat Pengaruh yang Positif dan Signifikan Service Excellent Terhadap Citra Positif PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung Kantor Cabang Pembantu Kota Agung, dan 3) Terdapat Pengaruh yang Positif dan Signifikan secara bersama-sama Rebranding Gedung dan Service Excellent Terhadap Citra Positif PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung Kantor Cabang Pembantu Kota Agung. Temuan penelitian ini mengisyaratkan jika perusahan ingin meningkatkan citra positif maka perlu juga meningkatkan rebranding gedung dan service excellent.
References
Abidin, Z., Daga, R., & Hamu, M. H. A. (2023). Pengaruh Service Excellent dan Citra Produk Pegadaian terhadap Kepuasan Nasabah Agen melalui Perilaku Konsumen pada Pegadaian Area Makassar 2. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 262-280.
Cahyaningtiyas, A., Wahab, A. A., & Fajri, A. (2023). Upaya Rebranding Produk Property Pada Perumahan dalam Meningkatkan Kredibilitas Pembeli pada PT. Cendana Indo Pratama. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 20-27.
Daly, A., & Moloney, D. (2005). Managing Corporate Rebranding. Irish Marketing Review, 17(1/2), 30-36.
Ginanjar, A. A., & Setiawati, C. I. (2022). Pengaruh Corporate Rebranding dan Inovasi Produk Pegadaian Digital Service (PDS) terhadap Brand Image PT Pegadaian di Kota dan Kabupaten Bandung. Economics and Digital Business Review, 3(2), 313-325.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta. PT. Prehallindo.
Lisa, A. S., & Agushybana, F. F. (2020). The Influence of Transformational Leadership Toward Service Excellent of Nurses In Hospital. VISIKES: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 19(01).
Maulyan, F. F., Drajat, D. Y., Angliawati, R. Y., & Sandini, D. (2022). Pengaruh Service Excellent Terhadap Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan: theoretical review. jurnal sains manajemen, 4(1), 8-17.
Muzellec, L., & Lambkin, M. (2006). Corporate rebranding: destroying, transferring or creating brand equity?. European journal of marketing, 40(7/8), 803-824.
Nabila, N. I. (2018). Pengaruh Perubahan Logo (Rebranding) Terhadap Citra Perusahaan Pada PT BANK BRI TBk. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 2(1).
Nurjanah, R., & Mulazid, A. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan. Jurnal Muqtasid, 9(1), 40-53.
Nurhidayat, D., Sukomo, S., & Yustini, I. (2023). Pengaruh iklan dan kemasan terhadap pembentukan citra merek rokok dunhill mild (suatu studi pada masyarakat dusun rancah). Business Management and Entrepreneurship Journal, 3(2), 69-78.
Poluan, N. A. E., & Kurniawati, D. (2020, February). Pengaruh Rebranding "Linkaja" Terhadap Brand Image Produk Pada Pengguna Telkomsel di Kota Medan. In Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) (Vol. 3, No. 1).
Pratama, M. I. (2015). Pengaruh Rebranding Terhadap Citra Bank Jambi Pada Nasabah. Jurnal kajian komunikasi, 3(2), 140-147.
Pratiwi, R. M. (2017). Pengaruh Rebranding dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kuantitatif Perubahan Nama, Logo, Slogan Indosat Ooredoo dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian Produk IM3 di Kota Garut) (Doctoral dissertation, unpas).
Puspitasari, W., Noor, I. N., Rahayu, F., Amalina, N., De Gala, B. S., & Ramadhani, P. (2023). Pelatihan Penerapan Sistem Pengendalian Internal dan Peningkatan Service Excellent. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1258-1263.
Rosyada, A. (2018). Pengaruh Rebranding dan Kualitas Layanan Terhadap Citra Perusahaan Pada XL AXIATA (Studi pada Pengguna Simcard XL di XL Center Pemuda Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(1), 1-7.
Sinambela, E. A., Sari, P. P., & Arifin, S. (2020). Pengaruh Variabel Harga dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Wingsfood. Akuntabilitas: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12 (1), 55-70.
Suriady, I., Ningsih, F. P., & Rahmarini, G. M. (2021). City Branding Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pasca Bencana Alam Melalui Proses Rebranding Kota Palu. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(10), 84-93.
Triandewo, M. A., & Yustine, Y. (2020). Pengaruh kualitas layanan, citra perusahaan dan kepercayaan pada loyalitas konsumen. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 22(1), 13-24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.