Pengaruh Teman Sebaya, Minat Belajar, dan Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v19i1.52390Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teman Sebaya, Minat Belajar, dan Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Objek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Batealit Jepara dengan jumlah 72 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan koefisien regresi (r1x1)sebesar 0,386; dan : 3,505; (2) Terdapat pengaruh positif Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan nilai koefisien regresi (r2x2 ) sebesar 0,210; dan : 2,093. (3) Terdapat pengaruh positif Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan nilai koefisien regresi (r3x3 ) sebesar 0,142; dan 417; (4) Terdapat pengaruh positif Teman Sebaya, Minat Belajar, dan Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan koefisien korelasi (Ry123 ) sebesar 0,706; koefisien determinasi ( R2y123)sebesar 0,498.
References
Abdul, J & Indah, B. (2016). Pengaruh Kreativitas terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
Aris, P. & Amanita, N. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XV(2), 63-77.
Dalyono. (2007). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fitri Rahayu. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar, Minat Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar. Jurnal Socia, 15(2), 212-221.
Irfa', Afrial. (2017). Pengaruh Mmotivasi Belajar, Kreativitas Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2016/2017. Yogyakarta: UNY.
Johnson , Elaine. (2013). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar – Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: MI.C.
Melly, Y. & Djazari. (2018). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi, XVI(2), 44-58.
Muhibin Syah. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rosda Karya.
Muji Mungintaro. (2016). Pengaruh Pekerjaan Rumah dan Minat Belajar Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: UNY.
Nini Subini. (2012). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Ririn, W. P. (2012). Memanfaatkan Kearifan Lokal untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa pada Pelajaran Sosiologi SMA Negeri 6 Yogyakarta. Jurnal Socia, 11(2), 229-235.
Robert E. Slavin. (2009). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.
Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. 1 (1): 21-36.
Sheli Resti, dkk. (2021). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Swadaya Karangnunggal. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 71-78.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
_______. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Slavin, R.A. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Indeks.
Sugihartono, dkk. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suprijanto. (2007). Pendidikan Orang Dewasa: Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Syamsu, Y. & Nani, S. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Utami Munandar. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Zulfa, A. N. & Djazari. (2019). Pengaruh Kreativitas Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Lingkungan Teman Sebaya,terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVII(1), 127-144.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.