Pengaruh Teman Sebaya, Minat Belajar, dan Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan

Authors

  • Siswanto Siswanto Universitas Negeri Yogyakarta
  • Laksmita Rosa Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v19i1.52390

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teman Sebaya, Minat Belajar, dan Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Objek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Batealit Jepara dengan jumlah 72 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif  Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan koefisien regresi (r1x1)sebesar 0,386; dan : 3,505;  (2) Terdapat pengaruh positif Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan nilai koefisien regresi (r2x2 ) sebesar 0,210; dan  : 2,093. (3) Terdapat pengaruh positif Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan nilai koefisien regresi (r3x3 ) sebesar 0,142; dan 417; (4) Terdapat pengaruh positif  Teman Sebaya, Minat Belajar, dan Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan koefisien korelasi (Ry123 ) sebesar 0,706; koefisien determinasi ( R2y123)sebesar 0,498.

Author Biography

Siswanto Siswanto, Universitas Negeri Yogyakarta

Jurusan Pendidikan Akuntani FE UNY

References

Abdul, J & Indah, B. (2016). Pengaruh Kreativitas terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Aris, P. & Amanita, N. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XV(2), 63-77.

Dalyono. (2007). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fitri Rahayu. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar, Minat Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar. Jurnal Socia, 15(2), 212-221.

Irfa', Afrial. (2017). Pengaruh Mmotivasi Belajar, Kreativitas Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2016/2017. Yogyakarta: UNY.

Johnson , Elaine. (2013). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar – Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: MI.C.

Melly, Y. & Djazari. (2018). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi, XVI(2), 44-58.

Muhibin Syah. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rosda Karya.

Muji Mungintaro. (2016). Pengaruh Pekerjaan Rumah dan Minat Belajar Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: UNY.

Nini Subini. (2012). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Ririn, W. P. (2012). Memanfaatkan Kearifan Lokal untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa pada Pelajaran Sosiologi SMA Negeri 6 Yogyakarta. Jurnal Socia, 11(2), 229-235.

Robert E. Slavin. (2009). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. 1 (1): 21-36.

Sheli Resti, dkk. (2021). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMK Swadaya Karangnunggal. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 71-78.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

_______. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slavin, R.A. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Indeks.

Sugihartono, dkk. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suprijanto. (2007). Pendidikan Orang Dewasa: Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Syamsu, Y. & Nani, S. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Utami Munandar. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Zulfa, A. N. & Djazari. (2019). Pengaruh Kreativitas Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Lingkungan Teman Sebaya,terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVII(1), 127-144.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Siswanto, S., & Rosa, L. (2022). Pengaruh Teman Sebaya, Minat Belajar, dan Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 19(1), 61–73. https://doi.org/10.21831/socia.v19i1.52390