Value Historis Situs Kelenteng Pantulak Sebagai Sumber Belajar IPS Berbasis Pendidikan Multikulture Kelas VII di SMPN 3 Sungai Ambawang
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v16i2.28945Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Value Historis situs Klenteng Pantulak tersebut, dan mengetahui pemanfaatan situs Klenteng Pantulak sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPS berbasis Pendidikan Multikulture di SMPN 3 Sungai Ambawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelenteng Pantulak merupakan bentuk akulturasi suku Dayak, Melayu, Madura dan Cina menghasilkan keanekaragaman budaya dan perdamaian antar suku terjalin dengan baik hingga saat ini. Dalam pembelajaran IPS berbasis multikultur Klenteng Pantulak menjadikan sebuah sumber pembalajaran yang tepat dengan materi maupun kondisi siswa di SMP N 3 Ambawang yang multietnis.References
Alloy, Sujarni. (2008). Mozaik Dayak Keberagaman Subsuku dan Bahasa Dayak di Kalimantan Barat. Pontianak : Dayakkologi.
Badan Litbang Pusat Kurikulum, Depdiknas, 2007.
Banks, J.A. 1987. Teaching Strategies for Ethnic Studies. USA: Allyn and Bacon Inc.
Banks, J.A. 1993. "Multikultural Educatian: Historical Development, Dimentions and Practrice". In Review of Research in Education, vol. 19, edited by L. Darling- Hammond. Washington, D.C.: American Educational Research Association. (E-Book), diakses tanggal 15 Januari 2016).
Creswell, John W.(2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kementerian Dalam Negeri, 2004. (online).http://www.depdagri.go.id/pages/data-wilayah. diakses tanggal 20 Maret 2012.
Kuntowijoyo. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: Bentang Budaya.
Somantri, Muh. Numan. (1990). Menggagas Pembaharuan Pendidika IPS. Bandung : PPs dan FPSejarah UPI.
Sugiono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.
Supriyadi, Yohanes. (2008) Cina Dalam Dayak: Potret Inkulturasinya di Kalangan Dayak Mampawah Kalimantan Barat dalam http://yohanessupriyadi.blogspot.com/2008/08/cina-dalam-dayak-potret-inkulturasinya.html
Wiriaatmadja, R. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas, Untuk Meningkatkan Tenaga Guru dan Dosen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.