Gawai Dayak sebagai Sumber Sejarah Lokal Tradisi Masyarakat Indonesia Sebelum Mengenal Tulisan
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v12i2.12236Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui internalisasi tradisi Gawai Dayak sebagai sumber sejarah lokal pada materi tradisi masyarakat Indonesia sebelum mengenal tulisan, di kelas X SMAN 1 Kuala Mandor B, meliputi: (1) penyampaian materi oleh guru,(2)strategi pembelajaran yang digunakan guru, (3)pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Subjek penelitian 1 guru sejarah dan 9 siswa kelas X. Pengumpulan data dengan observasi langsung, komunikasi langsung, dan dokumentasi. Analisis menggunakan teknik kualitatif model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian: (1) penyampaian materi telah dilakukan guru yaitu menyisipkan tradisi Gawai Dayak sebagai sumber sejarah lokal dengan menjelaskan fakta-fakta sejarah mengenai tradisi Gawai Dayak. (2) strategi yang digunakan cenderung mengarah kepada strategi pembelajaran kontekstual yang berhasil meningkatkan minat belajar siswa. (3) pemahaman siswa terlihat dari keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran seperti tanya jawab, memecahkan masalah yang diberikan guru, menjelaskan dan menganalisis dengan baik, serta berdiskusi dalam kelompok.
Kata kunci: tradisi gawai dayak,sumber belajar sejarah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.