UJI KETERBACAAN WACANA PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN WONOGIRI

Authors

  • Nina Widyaningsih Universitas PGRI Yogyakarta
  • Darmiyati Zuchdi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/lt.v2i2.7373

Keywords:

keterbacaan wacana, teknik cloze

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan wacana dalam buku teks BSE bahasa Indonesia, mendeskripsikan tingkat keterbacaan wacana dalam buku teks NONBSE, dan mendeskripsikan perbedaan tingkat keterbacaan wacana antara buku teks BSE dengan buku teks NONBSE setelah diukur dengan alat ukur uji keterbacaan teknik cloze. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis konten. Menggunakan populasi dan sampel buku dan sekolah. Teknik pengumpulan data dengan mengerjakan lembar jawab tes cloze secara objektif. Teknik analisis data dengan mengoreksi lembar tes cloze. Hasil penelitian ini: (1) persentase rerata skor keterbacaan BSE 1 57,60% dan persentase rerata skor keterbacaan BSE 2 59,64%; (2) persentase rerata skor keterbacaan NONBSE 56,55%; (3) hasil uji keterbacaan wacana pada buku BSE dan NONBSE menunjukkan sama-sama menunjukkan presentase yang berada pada kategori instruksional.

Kata Kunci: keterbacaan wacana, teknik cloze

 

THE READABILITY DISCOURSES IN INDONESIAN LANGUAGE TEXTBOOKS GRADE V OF PUBLIC ELEMENTARY SCHOOLS IN WONOGIRI DISTRICT

Abstract

This study aims to describe the readability levels of the discourses in electronic school books (ESBs) of the Indonesian language, to describe the readability levels of the discourses in non-electronic school books (NONESBs), and to describe the difference in the readability levels of the discourses between ESBs and NONESBs after they are assessed by the cloze technique as a readability measurement instrument. The type of study was a content analysis. The research population and sample of the book and school.. The data were collected by asking respondents to do the cloze test objectively. They were analyzed by checking the cloze test sheet in accordance with the answer keys for further analysis. The results of the study are as follows. (1) on the ESB 1 produced an average readability score percentage of 57, 60% and on the ESB 2 produced an average readability score percentage of 59, 64%. (2) on the NONESB an average readability score percentage of 56.55%. (3) The result of the readability test of the discourses both on ESBs and NONESB showed the same precentage in the category of instructional.

Keywords: readability of discourses, cloze technique

Author Biographies

Nina Widyaningsih, Universitas PGRI Yogyakarta

Nina Widyaningsih dilahirkan di Wonogiri, 20 Oktober 1982. Menyelesaikan studi S-1 di program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan seni (FBS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) lulus pada tahun 2005 dan menyelesaikan studi S-2 Linguistik Terapan Program Pascasarjana (PPs) UNY pada tahun 2013. Bekerja sebagai dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas PGRI Yogyakarta sampai sekarang.

Darmiyati Zuchdi, Universitas Negeri Yogyakarta

Guru besar kelahiran Bojonegoro pada tanggal 17 Oktober 1943. Memperoleh gelar sarjana S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Yogyakarta 1970, kemudian pada tahun 1984 memperoleh gelar Master of Science in Education di Suny at Albany, dan gelar Doktor of Education pada tahun 1988 di Suny at Buffalo USA. Saat ini menjadi menjadi staf pengajar di Fakultas Bahasa dn Seni dan Program Pascasarjana UNY.

References

Depdiknas. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomer 19 tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.

Harjasujana, A. S. & Mulyati, Y. (1996). Membaca 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Bagian Proyek Penataran Guru SLTP setara D-III.

Tarigan, H.G. (1993). Telaah buku teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G (1993). Pengajaran wacana. Bandung: Angkasa.

Zuchdi, D. (1993). Panduan penelitian analisis konten. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Downloads

Published

2015-10-05

How to Cite

[1]
Widyaningsih, N. and Zuchdi, D. 2015. UJI KETERBACAAN WACANA PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN WONOGIRI. LingTera. 2, 2 (Oct. 2015), 144–155. DOI:https://doi.org/10.21831/lt.v2i2.7373.

Issue

Section

Articles